Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2023, 16:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada asuransi kendaraan bermotor, istilah Total Loss Only (TLO) dan All Risk atau Comprehensive sering kali terdengar. Namun, tak banyak orang yang mengetahui perbedaan di antara keduanya.

Iwan Pranoto, Head of Communications and Customer Service Management at Asuransi Astra (Garda Oto), mengatakan, pada umumnya terdapat dua jenis perlindungan asuransi mobil yang banyak dikenal dengan istilah All Risk dan TLO.

Baca juga: Apakah Ada Asuransi yang Melindungi Saat Sewa Mobil Lepas Kunci?

"Namun jenis perlindungan asuransi mobil yang dimiliki oleh Garda Oto tidak menggunakan istilah All Risk melainkan Comprehensive," ujar Iwan, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Tesla Model S terbakar di Jalan Tol California, Amerika Serikattwitter.com/@metrofirepio Tesla Model S terbakar di Jalan Tol California, Amerika Serikat

Iwan menambahkan, perlindungan comprehensive/komprehensif memberikan perlindungan untuk kerusakan atau kerugian sebagian dan kerusakan atau kerugian total atas mobil yang diasuransikan akibat risiko yang dijamin oleh polis.

"Contoh, kerusakan atau kerugian sebagian adalah jika mobil terserempet oleh kendaraan lain, atau mobil menabrak benda lain di luar mobil. Sehingga, terdapat kerusakan yang membuat mobil kurang nyaman untuk dipandang dan lainnya," kata Iwan.

Baca juga: Waspada Banjir dan Tanah Longsor, Segini Biaya Pasang Asuransi Mobil

Sedangkan untuk perlindungan TLO, Iwan menjelaskan, memberikan perlindungan untuk kerusakan atau kerugian total yang telah memenuhi syarat kerusakan atau kerugian total atas mobil yang diasuransikan akibat risiko yang dijamin oleh polis.

Kecelakaan tunggal Wuling Almaz di jalan tol Krukut, CinereDok. Polres Metro Depok Kecelakaan tunggal Wuling Almaz di jalan tol Krukut, Cinere

"Total Loss terjadi jika kerusakan atau kerugian karena suatu peristiwa yang dijamin oleh polis, di mana estimasi biaya perbaikan mobil sama dengan atau lebih tinggi dari 75 persen dari harga sebenarnya, atau mobil hilang karena pencurian," ujarnya.

Sebelum memutuskan jenis asuransi apa yang tepat untuk kendaraan Anda, jangan ragu untuk bertanya sedetail mungkin pada pihak asuransi. Sehingga, tidak terjadi kesalahpahaman ketika akan mengklaim asuransi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com