Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Motor Listrik Buatan Lokal, Harga mulai Rp 15 Jutaan

Kompas.com - 31/01/2023, 14:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Wacana subsidi sepeda motor listrik telah memicu minat masyarakat, untuk beralih menggunakan kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Apalagi sejumlah merek yang sudah merakit lokal produknya juga semakin banyak bermunculan.

Meski begitu, pembentukan ekosistem kendaraan bermotor listrik atau elektrifikasi di Indonesia tak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Terdapat proses yang harus dilalui lebih dulu supaya peralihan maksimal.

Menurut pengamat otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Agus Purwadi, saat ini yang paling bisa diterapkan ialah untuk roda dua. Sebab, moda ini sudah didukung oleh beberapa aspek seperti fasilitas ride hailing alias ojek online.

Baca juga: Sienta Menghilang dari Situs Resmi Toyota, Masih Dijualkah?

Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025 sebagai salah satu upaya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025 sebagai salah satu upaya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan.

"Roda dua menurut saya harus segera didorong karena pasar otomotif juga terbesar ada di sana," kata Agus, saat ditemui di Jakarta (25/1/2023).

Berikut ini daftar motor listrik produksi lokal:

Alva

Melalui produk Alva One, merek lokal ini diprediksi bakal meramaikan pasar motor listrik Tanah Air. Pasalnya, Alva sudah diproduksi secara lokal di Cikarang, Jawa Barat.

Kapasitas produksi Alva pun diklaim bisa mencapai 100.000 unit per tahun, atau sekitar 8.000 unit per bulan.

Adapun modelnya, Alva menawarkan produk serupa skutik gambot yang dipasarkan sekitar Rp 34,9 juta OTR Jakarta.

Baca juga: Alasan PO Raya Setia Pakai Bodi Bus Buatan Karoseri Laksana

Gesits

Saat ini Gesits baru menyediakan satu model, yakni G1. Motor listrik ini ditawarkan Rp 28,970 (OTR Jakarta 1 baterai) dan Rp 36,825 (OTR Jakarta 2 baterai).

Mengenai speknya, Gesits dilengkapi motor listrik dengan tenaga puncak 5 kW atau setara 6,7 tk. Motor ini memiliki 3 mode berkendara, dan kecepatan maksimal Gesits dibatasi sampai dengan 70 kpj.

Perihal baterai, Gesits menggunakan baterai lithium NCM berkapasitas 1,44 KWh untuk satu unit baterainya, yang mereka garansi selama 3 tahun.

Baca juga: Fitur Daihatsu Ayla Generasi Terbaru Mulai Terungkap

Selis E-Max punya dua varian baterai yaitu baterai lithium ion dan baterai non lithium.KOMPAS.com/Gilang Selis E-Max punya dua varian baterai yaitu baterai lithium ion dan baterai non lithium.

Polytron

Merek elektronik asal Kudus, Jawa Tengah, kini ikut memproduksi motor listrik. Salah satunya lewat motor listrik Fox-R yang dijual Rp 16,5 juta off the road atau tanpa pajak saat IMOS 2022.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com