Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/12/2022, 06:22 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Masalah kerusakan komponen mesin bisa ditandai dengan berbagai hal. Salah satunya lewat warna asap yang keluar dari knalpot.

Harusnya, bila dalam kondisi normal, asap yang keluar dari lubang knalpot saat mobil digunakan memang tidak berwarna.  

Mobil yang mengeluarkan asap berwarna putih kebiruan, umumnya menandakan tingkat kerusakan di dalam mesin mobil dalam level yang parah. 

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto menjelaskan, asap putih tersebut keluar karena oli yang terbakar. 

Baca juga: Diusulkan Dapat Subsidi Mobil Listrik, Begini Tanggapan Esemka

"Oli mesin masuk ruang bakar, biasanya karena celah piston terlalu lebar. Hal itu dikarenakan ring piston yang aus," kata Bambang dihubungi Kompas.com, Sabtu (9/12/2022). 

Oli mesin tersirkulasi sampai ruang bakar juga akibat kondisi packing mesin yang meleleh termakan usia. Masalah klasik untuk mobil-mobil berusia di atas 5 tahun. 

Dipstick oli pada mesin mobil(www.automobilexyz.com) Dipstick oli pada mesin mobil

Khusus mobil tahun muda, Bambang menyebut, kerusakan oli masuk ruang bakar biasanya imbas kesalahan menggunakan oli yang tak sesuai spesifikasi. 

"Banyak mobil-mobil baru malah pakai oli kental. Pernah beberapa waktu lalu menangani, Avanza 2017 di isi oli 20w-50, pompa oli macet dan mesin tidak ada sirkulasi. Harus turun mesin," kata dia. 

Berbeda lagi kasus knalpot keluar asap putih berair saat pagi hari, hal itu ternyata adalah fenomena yang wajar, bahkan menginformasikan kondisi pengapian mesin sehat. 

Hal itu seperti disampaikan Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana.

Baca juga: Pahami Fenomena Vapour Lock, Salah Satu Jenis Rem Blong

Ilustrasi air keluar dari lubang knalpot() Ilustrasi air keluar dari lubang knalpot

Menurutnya, komposisi udara dan bahan bakar yang ideal memicu suhu udara dingin. Kompresi mesin jauh padat dan sendirinya akan menyesuaikan cuaca lingkungan di luar. 

"Itu bagian proses kondensasi, uap air tercipta dari kompresi mesin yang sempurna. Terlebih mobil yang diparkir di tempat terbuka tanpa atap," kata dia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.