Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Bisa Pajero Sport yang Tertimpa Truk Pasir Diperbaiki?

Kompas.com - 28/12/2022, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Buntut dari kasus Mitsubishi Pajero Sport dan truk pasir berakhir damai. Tapi, pemilik truk pasir diharuskan untuk mengganti rugi. Pertanyaannya, apakah bisa kerusakan tersebut diperbaiki?

Menurut keterangan resmi dari pihak TNI, Pajero Sport yang dikendarai salah satu anggota TNI mengalami remuk karena mencoba memotong jalur truk pasir. Disebutkan bahwa pengendara SUV tersebut juga membunyikan sirene, sehingga membuat pengemudi truk terkejut dan membanting setir ke kanan sampai kehilangan kendali.

Kecelakaan terjadi karena roda belakang sisi kanan truk menabrak beton pembatas jalan. Sehingga, menyebabkan truk oleng ke sisi kiri dan menimpa Pajero Sport yang berada tepat di sebelahnya.

Baca juga: Kecelakaan di Cibubur, Pajero Sport Tertimpa Truk Saat Putar Balik

Kondisi Pajero Sport tersebut cukup mengenaskan. Bodinya benar-benar remuk, tapi untungnya pengendara dan penumpang tidak sampai mengalami luka serius.

Truk yang membawa pasir hampir terguling dan menimpa Pajero saat mau putar balikINSTAGRAM/INFOCIBUBUR._ Truk yang membawa pasir hampir terguling dan menimpa Pajero saat mau putar balik

"Kerusakan mobil tersebut sudah di atas 70 persen. Sehingga, sudah tidak mungkin untuk diperbaiki," ujar Januar Fadli, pemilik bengkel cat dan body repair Safira Motor, di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Januar menambahkan, untuk bagian sasis mungkin masih bisa diperbaiki jika kerusakannya tidak parah. Jadi, dengan kerusakan sebesar itu, menurutnya, mobil tidak mungkin diperbaiki.

Meskipun kalau sampai memaksa memperbaiki, biayanya akan terlalu mahal, sehingga sullit masuk nalar.

Baca juga: Pengguna Pelat Nomor RF Kerap Arogan, Hati-hati Saat Bertemu di Jalan

Pemilik Pajero Sport mungkin akan sedikit merasa lega jika memiliki asuransi, baik comprehensiveall risk, atau total loss only (TLO). Namun, untuk asuransi TLO, perlu dilihat dulu seberapa besar biaya perbaikannya.

Pajero SportMMKSI Pajero Sport

"Total Loss terjadi jika kerusakan atau kerugian karena suatu peristiwa yang dijamin oleh Polis di mana estimasi biaya perbaikan mobil sama dengan atau lebih tinggi dari 75 persen dari harga sebenarnya, atau mobil hilang karena pencurian," kata Marketing Communication & Public Relations Head Asuransi Astra Buana (Garda Oto) Laurentius Iwan Pranoto.

Iwan menambahkan, harus dipastikan juga penyebab kerusakannya, jangan lihat hancurnya. Kalau parkir di tempat terlarang, sengaja menabrakkan ke truk, menyetir tidak punya SIM yang masih berlaku, pasti klaim akan ditolak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com