Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kenapa Cairan Wiper Tak Boleh Menggandung Detergen

Kompas.com - 29/11/2022, 11:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Agar maksimal, wiper mobil bekerja dengan bantuan cairan pembersih khusus yang fungsinya membersihkan permukaan kaca.

Karena itu, pemilik mobil juga wajib memperhatikan kondisi cairan wiper. Terutama soal ketersediaan atau volumenya.

Bila sudah berkurang, jangan tunda untuk mengisi kembali. Paling penting lagi, pastikan mengisinya dengan cairan yang memang dirancang khusus untuk wiper.

Tak sedikit pemilik mobil berasumsi boleh mengisi tabung reservoir menggunakan air sabun biasa yang mengandung detergen. Hal tersebut salah kaprah.

Bahkan menurut Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto, penggunaan cairan berbahan kimia tertentu seperti detergen berbahaya lantaran berisiko membuat kaca mobil buram.

Baca juga: Ketahui Indikator Karet Wiper Harus Diganti 

"Detergen menghasilkan banyak busa yang menyebabkan visibilitas menurun. Saat terpapar sinar matahari, sisa detergen memicu bercak-bercak putih di permukaan kaca," kata Bambang kepada Kompas.com, Senin (28/11/2022). 

Wiper kaca mobil yang masih bagus, air bisa bersih dan tidak menempel di kacaDicky Aditya Wijaya Wiper kaca mobil yang masih bagus, air bisa bersih dan tidak menempel di kaca

Kotoran detergen yang mengering, juga bisa menyumbat lubang washer. Hal itu jadi biang kerok semprotan carian yang keluar dari nozel kecil.  

"Dampak negatifnya, muncul butiran seperti pasir yang menumpuk di lubang nozel. Senyawa detergen bisa bereaksi berubah wujud lengket dan banyak debu halus jadi menempel. Hal itu bisa membuat kaca tergores," ucapnya. 

Anjar Rosjadi, Research & Development (R&D) Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor mengatakan, mengisi cairan wiper sebaiknya menggunakan cairan khusus sesuai dengan spesifikasi. 

Baca juga: Beda Cara Kerja Mobil Hybrid Murni dan Mild Hybrid

Ada kandungan pH yang khusus dirancang meningkatkan visibilitas. Multifungsi, pertama menjaga kejernihan kaca mobil, lebih dari itu juga memberikan perlindungan, seperti lapisan kaca dan karet wiper sendiri.

Model wiper frameless Dicky Aditya Wijaya Model wiper frameless

"Cairan wiper yang bagus memberikan efek daun talas. Ari menempel dan sendirinya akan tersapu angin. Kinerja wiper jadi ringan," kata dia.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com