Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2022, 09:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Mengangkat wiper saat parkir mobil di bawah terik matahari menjadi sebuah ritual wajib. Hal ini dianggap solusi untuk mencegah karet wiper rusak. 

Meskipun demikian, banyak yang belum paham dampak negatif dari kebiasaan mengangkat wiper. Karena ternyata ritual tersebut bisa membuat komponen lain mengalamai kerusakan, termasuk bagian karet. 

"Dampak positifnya karet awet jika caranya benar, tujuannya mencegah secara langsung kaca panas bergesekan wiper. Akan tetapi, pegas wiper jadi harus beberapa kali tertarik," ucap Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto kepada Kompas.com, Senin (28/11/2022).

Baca juga: Motor Trail Bekas, KLX dan CRF Dibanderol Mulai Rp 15 Jutaan

Pegas wiper yang diangkat berulang kali atau bahkan setiap hari, berpeluang mempercepat keausan. Mekanisme komponen pegas digunakan untuk menggerakkan wiper saat bekerja saat menyapu air. 

Bila pegas sudah lemah, dampaknya menyebabkan kecepatan gerakan wiper menurun. Dalam waktu yang lama, Bambang mengatakan, kinerja wiper bisa berhenti total jika terlalu parah. 

Angkat wiper kaca mobil Ilustrasi Wiper Kaca Mobil Angkat wiper kaca mobil

"Ketika wiper sering diangkat dalam waktu yang lama, maka jelas kondisi pegasnya akan tertarik. Begitu tertarik, konstruksi dan kekuatan pegas pun akan turun," kata dia. 

Wiper yang tak memiliki daya tekan kuat, sama halnya sudah tak bekerja lagi. Saat terjadi kerusakan, proses penggantiannya jauh lebih rumit. 

Karet wiper yang sering diangkat juga lebih berisiko. Hal itu dikatakan Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana.

Menurut Andika, akiabt sering diangkat struktur karet gampang berubah karena efek sinar matahari langsung. 

Baca juga: Apa Kabar Kelanjutan Daihatsu Ayla EV?

"Hasil kerja wiper jadi kurang bersih. Pada model wiper blade juga rawan berubah kasar. Apalagi, ketika banyak debu dan kotoran menumpuk, menyebabkan kaca buram dan baret," kata Andika. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.