Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Belum Tertarik Jual Mobil Listrik di Indonesia

Kompas.com - 28/11/2022, 17:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia saat ini semakin pesat, menyusul dengan banyaknya program akselerasi yang dilakukan pemerintah seperti insentif, pembangunan infrastruktur dan lain sebagainya.

Maka dari itu, tak heran jika banyak merek mobil yang mulai memperkenalkan produk elektrifikasi di Tanah Air. Mulai hybrid, plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) hingga mobil listrik murni atau battery electric vehicle (BEV).

Namun di tengah gempuran elektrifikasi, salah satu produsen asal Jepang Daihatsu justru nampaknya masih menjual produk-produk yang berfokus pada mobil konvensional alias mesin bensin.

Baca juga: Apa Kabar Kelanjutan Daihatsu Ayla EV?

Berbeda dengan saudaranya, Toyota, yang sudah mulai memperkenalkan mobil hybrid ke pasar Indonesia melalui Toyota Innova Zenix Hybrid.

Saat ditanya mengenai kapan Daihatsu akan terjun ke era kendaraan listrik, Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), masih enggan untuk mengumumkan rencana elektrifikasi Daihatsu.

“Nanti pasti akan kita info ya,” jawaban singkat Agung kepada Kompas.com, Senin (28/11/2022).

Sebelumnya Marketing Division Head ADM Rudy Ardiman mengatakan untuk memasuki industri baru tersebut butuh persiapan yang cukup matang supaya bisa maksimal serta sesuai arahan pemerintah sebagaimana termaktub dalam Perpres Nomor 55 Tahun 2019.

Saat ini Daihatsu mengaku masih mempelajari peta jalan atau road map untuk menuju era elektrifikasi kendaraan bermotor di dalam negeri sebelum pada akhirnya terjun ke pasar mobil listrik.

“Mengenai peta jalan kendaraan listrik, masih kita pelajari. Jadi masih tahap awal dan untuk produksinya sendiri belum bisa disampaikan. Tapi sampai saat ini kita belum punya rencana untuk menjualnya,” kata dia.

Daihatsu Rocky Hybrid dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Rocky Hybrid atau Rocky Series Hybrid menggunakan teknologi hibrida seri. Mesin konvensional pada mobil ini berfungsi sebagai generator untuk menyuplai energi ke baterai.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Daihatsu Rocky Hybrid dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Rocky Hybrid atau Rocky Series Hybrid menggunakan teknologi hibrida seri. Mesin konvensional pada mobil ini berfungsi sebagai generator untuk menyuplai energi ke baterai.

Baca juga: Ini Pebalap MotoGP yang Paling Banyak Terjatuh, Bukan Zarco Lagi

Meski demikian, bukan berarti perseroan hanya diam sampai peta jalan yang dimaksud rampung. Beberapa strategi mulai dijalankan seperti memamerkan kendaraan listrik kepada konsumennya untuk mendapat masukkan.

Terbaru, Daihatsu membawa Ayla EV dan Rocky Hybrid pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 pada Agustus lalu dengan bentuk prototipe. Namun memang mobil tersebut belum akan masuk jalur produksi massal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com