Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Siapkan Teknologi Cas Mobil Listrik yang Lebih Stabil

Kompas.com - 25/11/2022, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam melakukan pengisian ulang mobil listrik, Honda R&D Europe GmbH bekerjasama dengan Kraftwerke GmbH membuat terobosan signifikan dalam teknologi kendaraan melalui jaringan (Vehicle to Grid/V2G).

Teknologi ini bisa menstabilkan jaringan listrik dalam pengisian daya mobil listrik.

Tom Gardner, Senior Vice President Honda Motor Europe mengatakan, kerjasama dengan Next Kraftwerke memungkinkan Honda memenuhi tuntutan baru khususnya untuk pasar Eropa dan memenuhi komitmennya untuk mengembangkan teknologi yang menciptakan nilai bagi masyarakat.

Baca juga: Bahas Baterai Kijang Innova Zenix Hybrid, Dapat Garansi 8 Tahun

“Pengembangan ini merupakan langkah penting untuk memajukan peran EV dan teknologi pengisian daya dua arah dalam sistem energi berkelanjutan di masa depan,” ucap Tom Gardner, Senior Vice President Honda Motor Europe, dalam keterangan resmi, Kamis (24/11/2022).

Berdasarkan dari hasil kerjasama antara kedua belah pihak, Kraftwerke GmbH juga mengumumkan bahwa Honda telah menjadi produsen mobil pertama di Eropa yang meraih sertifikasi untuk armada kendaraan listrik yang diproduksi secara massal, untuk prequalification of frequency containment reserve (FCR) oleh Ampiron GmbH, November 2022 ini.

kabin Honda e dengan banyak layar dan spion model kameraAzwar Ferdian/Kompas.com kabin Honda e dengan banyak layar dan spion model kamera
Teknologi FCR digunakan untuk stabilisasi jaringan dan juga disebut sebagai cadangan pengaturan primer karena merupakan respons pertama jika terdapat gangguan pada frekuensi.

Teknologi ini bekerja untuk mendeteksi arus jangka pendek pada jaringan listrik, sehingga kemudian secara otomatis akan menyeimbangkan arus tersebut agar stabil.

Pengujian ini menggunakan produk mobil Honda e yang diproduksi secara massal dan sudah memenuhi syarat untuk mendukung stabilitas jaringan melalui penyediaan FCR instan ke Operator Sistem Transmisi (TSO) di mana enam mobil Honda e diisi dengan menggunakan pengisi daya CCS dua arah Honda Power Manager.

Baca juga: Penjualan Suzuki Masih Bersandar kepada New Carry

Hasilnya, Honda mampu memenuhi standar tinggi dalam pengisian daya dengan memastikan frekuensi grid 50Hz yang stabil.

European Honda R&D Center sendiri sudah berdiri sejak tahun 1985 berlokasi di kota Offenbach, Jerman. Saat ini, European Honda R&D Center mempunyai fokus utama pada area teknologi energi terbarukan, mobil, sepeda motor serta pengembangan sistem solusi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com