Mengupas Fitur AYC pada Mitsubishi New Xpander Cross

Kompas.com - 26/09/2022, 08:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) belum lama ini mengajak awak media otomotif, termasuk redaksi KOMPAS.com untuk menjajal sejumlah fitur unggulan pada Mitsubishi New Xpander Cross.

Salah satu fitur andalan pada model ini, yaitu Active Yaw Control (AYC), yang juga diklaim tidak miliki oleh kompetitor. Lantas, bagaimana cara kerjanya?

Berdasarkan penjelasan Arif Dwianto, Head of Training Section PT MMKSI, sederhananya fitur ini bekerja saat mobil mulai melakukan manuver berbelok di jalan kering maupun licin. Tentunya, dengan memamfaatkan yaw sensor, mobil bisa berbelok sedalam mungkin dan memberikan kenyamanan buat pengemudi dan penumpang.

Baca juga: Mitsubishi Akan Berpartisipasi di AXCR 2022

"Jadi begitu ada gejala melebar ketika berbelok atau understeer, maka sistem rem akan bekerja membantu mereduksi putaran roda sesuai dengan belokan yang dituju," tutur Arif belum lama ini.

Sementara itu, menurut Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, secara gampang, fitur ini merupakan sistem keamanan yang berjenjang. Jadi biasanya entry level pasti rem ABS, nomor dua TC atau ASC, setelah itu mobil yang kelasnya ada di atas, ada sistem berjenjang, yakni AYC.

Fitur Active Yaw Control (AYC) Mitsubishi New Xpander CrossKOMPAS.com/Adityo Wisnu Fitur Active Yaw Control (AYC) Mitsubishi New Xpander Cross

"AYC akan dijalankan dengan ASC sebelum Yaw Control. ASC adalah tahap pertama ketika mobil kelihaatan agak slip, putaran mesin dikurnagi tyapi ketika mobil sudah dijalurnya, mobil pasti akan mau terus kencang, maka AYC bekerja," ujar Rifat beberapa waktu lalu.

Rifat menjelaskan, pada fitur ini terdapat variabel yang bisa membaca, yaitu wheel speed sensor, steering angle, putaran mesin dan rem. Semuanya dapat bekerja secara bersamaan.

"Ini advanced sekali, setiap ASC mobil bekerja pasti mobil kecepatannya lebih pelan, setelah itu dia akan berpikir lama setelah gripnya. begitu dengan AYC kecepatan akan disesuaikan degan putaran mesin, putaran palang kemudi. Mobil ini akan menjaga momentum, kecepatan dalam setiap kondisi," ucap Rifat.

Mitsubishi New Xpander CrossKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi New Xpander Cross

Jadi kata dia, fungsi dari AYC ini pada dasarnya akan menghindari perilaku yang tidak perlu baik understeer maupun oversteer, karena sistem kerjanya mobil ini akan mendeteksi apakah putaran mesinnya terlalu kencang atau terlalu tinggi, atau setirnya terlalu patah, atau apakah putaran bannya terlalu kencang.

"Jadi ada varian tiga itu yang dibaca sistem itu. Hebatnya jadi sistem sistem walau banyak sistem yang disematkan di kendaraan ini, tapi ini pada dasarnya adalah sistem preventif. Jadi sistem ini bekerja sangat efisien," kata dia.

"Tidak on all the time. Untuk menyalakan fungsi ini hanya butuh sepersekian detik. Jadi semua sistem yang ada tidak membebani kendarana ini sehingga membutuhkan energy lebih? Tidak. Itulah kecanggihan teknologi pada saat ini dan semua bisa didetek dengan MUT atau alat scan kami," ujar Rifat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.