Kompas.com - 15/09/2022, 09:42 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Dalam rangkaian sistem transmisi manual, kampas kopling memiliki peran penting, yakni untuk memutus dan menyambungkan tenaga putar dari sektor mesin ke bagian transmisi.

Selain itu, kampas kopling juga berguna untuk meredam berbagai hentakan dan getaran yang biasanya timbul saat proses sambung putus berlangsung.

Namun hal tersebut akan berkuran saat ketebalan kampas kopling mulai susut atau aus. Bahkan bisa membuat tenaga mesin juga menjadi loyo.

Umumnya, gejala kampas kopling manual yang sudah aus bisa dirasakan dari tarikan mesin yang berat atau terasa ngeden ketika melewati tanjakan.

Baca juga: Ketahui Penyebab Pedal Kopling Mobil Transmisi Manual Jadi Berat

Hal ini sangat berbahaya, bahkan mobil bisa mogok. Sayangnya, pengemudi banyak tidak paham bagaimana perbedaan kopling normal atau bermasalah, padahal dampaknya bisa fatal.

Lantas, kapan waktu ideal ganti kampas kopling?

Menurut Bambang Sri Haryanto Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang, patokan pergantian kampas kopling manual tak bisa berdasarkan waktu.

Syaratnya, bisa ikut memperhatikan kondisi performa mobil. Apakah tetap atau ada penurunan tenaga. 

Kampas kopling manual yang sudah tipis biasanya disertai pedal kopling berat, atau gejala mesin meraung tapi tidak ada tenaga keluar. 

Suasana bengkel resmi Honda Kusuma Siliwangi Dicky Aditya Wijaya Suasana bengkel resmi Honda Kusuma Siliwangi

"Setelan pedal kopling jadi tinggi, otomatis berat saat di injak. Gejala itu adalah awal sebelum bertambah parah. Mesin tidak responsif, suaranya meraung tapi tidak bertenaga. Rpm jadi tinggi," ucap Bambang kepada Kompas.com, Rabu (14/9/2022). 

Baca juga: Instruksi Jokowi, Kendaraan Dinas Pemerintahan Harus Kendaraan Listrik, Bisa Sewa Dulu

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.