Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DAMRI Hadir di Danau Toba dan Sekitarnya, Tarif Mulai Rp 10.000

Kompas.com - 01/09/2022, 07:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang mau melakukan wisata ke Sumatera Utara khususnya Danau Toba, kini ada DAMRI yang siap melayani.

DAMRI terus memperluas jaringan transportasi darat dan kini hadir di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara.

Corporate Secretary DAMRI Akhmad Zulfikri mengatakan, potensi yang ada di KSPN memiliki fungsi vital, salah satunya adalah menggerakkan pertumbuhan ekonomi di kawasan sekitar lokasi danau.

Baca juga: Bus Kuning UI Dioperasikan DAMRI, Beroperasi sampai Pukul 22.00 WIB

Foto: Salah satu lokasi Ruang Terbuka Publik (RTP) di Kelurahan Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumut, Selasa  (3/5/2022). KOMPAS.COM/TEGUH PRIBADI Foto: Salah satu lokasi Ruang Terbuka Publik (RTP) di Kelurahan Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumut, Selasa  (3/5/2022). 

Selain dikenal dengan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.

“DAMRI bersinergi bersama pemerintah untuk mendukung KSPN di sana. Armada kami siap untuk mengantarkan para wisatawan menikmati keindahan Danau Toba,” ucap Fikri dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Rabu (31/8/2022).

Berikut ini beberapa rute yang dilayani Angkutan KSPN DAMRI di area Danau Toba:
1. Bandara Silangit - Ajibata (via Sibisa/Kaldera), dengan tarif Rp 15.000;
2. Bandara Silangit - Tarutung, dengan tarif Rp 10.000;
3. Ajibata - Pematang Siantar, dengan tarif Rp 15.000;
4. Loop Pulau Samosir, dengan tarif Rp 20.000.

Baca juga: Harga Pertalite dan Solar Diisukan Naik, Pendaftarnya Tembus 1 Juta Kendaraan


Tarifnya yang relatif terjangkau ini tidak membuat DAMRI lalai menyediakan fasilitas pelayanan dan protokol kesehatan. Konsistensi DAMRI dalam menjalankan operasional bus sehat dibuktikan dengan pramudi dan petugas yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Kemudian, DAMRI juga memberikan pelayanan yang mengutamakan prosedur operasi standar (standard operating procedure/SOP) 5K, yaitu Keselamatan, Kesehatan, Keamanan, Ketepatan, dan Kenyamanan penumpang dan pramudi.

Kehadiran trayek tersebut diharapkan dapat memberikan kemudahan untuk masyarakat melakukan perjalanan wisata menuju Danau Toba menjadi lebih mudah, aman, nyaman, dan terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com