Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Karoseri Pembuat Bus Ikut Ramaikan GIIAS 2022

Kompas.com - 08/08/2022, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS akan kembali dilaksanakan pada Agustus 2022 tepatnya tanggal 11 sampai 21.

GIIAS memang menjadi pameran dengan banyak exhibitor, mulai dari APM mobil, motor, niaga, bahkan sampai karoseri. Semua peserta tadi akan berada di dalam area Indonesia Convention Exhibiton (ICE) BSD City.

Perbedaannya dengan pameran tahun lalu, GIIAS 2022 akan dihadiri tiga karoseri pembuat bodi bus, yakni Adiputro dan Tentrem asal Malang, Jawa Timur dan Laksana dari Ungaran, Jawa Tengah.

Baca juga: Perusahaan Ini Dukung Keselamatan Bus Buatan Karoseri Indonesia

Kabin bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260DOK. PT HMSI Kabin bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260

Kalau dilihat tahun lalu, tidak ada karoseri yang membuka booth. Tapi, ada satu bus buatan Karoseri Tentrem yang mejeng di booth Hino, memakai sasis Hino RK260.

Saat itu, bodi bus Avante H8 AB itu menjadi satu-satunya bus di area pameran. Uniknya, bus tersebut jadi salah satu kendaraan yang menarik banyak pengunjung, apalagi kabinnya yang nyaman dengan berbagai model bangku.

Karoseri Tentrem saat itu memperkenalkan bodi bus aluminium yang diklaim lebih ringan 500 kg. Selain itu, bodi bus tersebut juga memakai spion kamera dan kamera 360 derajat yang mempermudah tugas pengemudi selama menyetir.

Baca juga: Start Paling Depan, Zarco Berharap Bisa Menang di GP Inggris


Kali ini, menarik untuk ditunggu akan seperti apa bus-bus yang dibawa karoseri ke ICE BSD. Nampaknya, Laksana akan membawa model terbaru dari Legacy SR3, generasi penerus dari Legacy SR2.

Sedangkan karoseri Adiputro dan Tentrem, belum memberi bocoran akan memamerkan bodi apa. Bisa saja varian priority dari body Avante yang akan dibawa Tentrem, atau Dream Coach super nyaman buatan Adiputro turut diboyong.

Bagi yang penasaran, bisa datang ke GIIAS 2022 yang berlangsung tanggal 11-21 Agustus. Untuk karoseri, hall-nya ada di Hall 8 bersama UD Trucks dan Hino.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com