Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Pengemudi Bus dan Kru Bus AKAP Wajib Pakai Seragam

Kompas.com - 05/08/2022, 16:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa operator bus memberikan seragam pada pengemudinya. Jadi bisa dibilang antara pengemudi satu dan kru lainnya punya kesamaan, salah satunya dari baju yang dikenakan saat bertugas.

Sebelumnya, cuma beberapa operator saja yang memberikan seragam untuk pengemudinya. Namun seiring berjalannya waktu, semakin banyak PO yang menerapkan hal yang serupa.

Bahkan, ada juga yang kreatif dengan memberikan baju pengemudi mirip dengan pilot. Jadi bagaimana kreativitas dari operatornya memberi seragam seperti apa untuk pengemudi.

Baca juga: Alasan Kenapa Lampu Kabin Bus Dimatikan Saat Perjalanan Malam Hari

Maryanto (64) salah seorang sopir PO bus New Shantika yang biasa mengambil rute Jakarta-Jepara.Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Maryanto (64) salah seorang sopir PO bus New Shantika yang biasa mengambil rute Jakarta-Jepara.

Direktur Utama PO SAN Kurnia Lesani Adnan mengatakan, seragam bisa menjadi identitas diri maupun perusahaan tempat pengemudi bekerja.

Seragam itu salah satunya untuk menunjukkan wibawa baik kru atau perusahaannya. Bayangkan kalau kru berpakaian semaunya, pasti jadi berbeda-beda karena tergantung selera,” kata pria yang akrab disapa Sani kepada Kompas.com, Kamis (4/8/2022).

Baca juga: Toyota Innova Hybrid Siap Meluncur, Tanpa Varian Diesel


Selain itu, menurut Sani seragam yang bisa dikenakan pengemudi dan kru tidak usah pakai embel-embel yang berlebihan. Sederhana saja yang penting merepresentasikan perusahaan otobus atau tempat kerjanya.

“Selayaknya seragam itu identitas perusahaan kita,” kata Sani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com