Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah Menerapkan Eco Riding Saat Berkendara Motor Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna sepeda motor listrik perlu memahami Eco riding. Dengan Eco riding pengendara mendapat beberapa keuntungan mulai dari efisiensi baterai sampai memperpanjang usia dinamo dan pengatur daya (controller).

Hendro Sutono, pegiat motor listrik dan juru bicara Komunitas Sepeda Motor Listrik (Kosmik), mengatakan, sesungguhnya semua tentang kendaraan listrik adalah masalah efisiensi.

"Bagaimana kita bisa bertransportasi dengan biaya paling murah, menggunakan energi paling rendah dan menempuh jarak yang paling jauh, dan dengan menggunakan teknik ECO Riding maka kita akan dapatkan efisiensi yang lebih maximal saat menggunakan kendaraan listrik," kata dia kepada Kompas.com, Rabu (3/8/2022).

Hendro mengatakan, aplikasi Eco riding sebetulnya tidak sulit. Sebab sebagian besar motor listrik yang dijual di Indonesia sudah banyak yang dilengkapi "ECO MODE."

"Sebagian besar motor listrik yang beredar di Indonesia telah dilengkapi dengan beberapa pilihan mode berkendara. Ada yg menggunakan istilah "ECO", "NORMAL", "SPORT" dan ada juga yang menggunakan istilah "SPEED 1", "SPEED 2", "SPEED 3"," kata Hendro.

Mode Eco atau Speed ini sangat berguna di motor listrik karena tiap mode memiliki batasan kecepatan untuk efisiensi baterai. Meski diakui pengguna yang baru menggunakan motor listrik biasanya sulit memakai mode Eco.

"Pada mode "ECO" dan "SPEED 1" biasanya telah dibatasi kecepatan hanya mencapai 35-40km/jam dan pada beberapa motor dgn teknologi yang advance, pengaturannya juga meliputi pembatasan akselerasi," kata dia.

"Sehingga sangat memudahkan pengendara untuk melakukan ECO RIDING dan mencapai efisiensi maximal," ucap Hendro, melanjutkan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/05/120200815/mudah-menerapkan-eco-riding-saat-berkendara-motor-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke