Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Porsche Siapkan SUV Listrik Pesaing BMW iX

Kompas.com - 04/08/2022, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW sudah meluncurkan SUV listrik, yakni iX. Sesama pabrikan asal Jerman, Porsche tak mau kalah dan akan menghadirkan mobil listrik di segmen yang sama.

Dikutip dari Autoexpress.co.uk, Kamis (4/8/2022), Porsche dikabarkan sedang menyiapkan SUV listrik yang mewah. Kelasnya sendiri disebutkan berada di atas Cayenne.

Saat ini, Porsche masih mengembangkan mobil listrik tersebut. Mobilnya belum diberi nama dan hanya diberi kode, yakni K1.

Baca juga: Tuksedo Studio Ramaikan JVWF 2022 dengan Replika Porsche Legendaris

CEO Porsche Oliver Blume tidak hanya membeberkan rencana peluncuran SUV listrik. Tapi, pihaknya juga memberi tahu di mana mobil tersebut akan diproduksi.

Porsche Cayenne yang mesin diesel 3.000 cc-nya disinyalir terlibat skandal emisi bahan bakar.carscoops Porsche Cayenne yang mesin diesel 3.000 cc-nya disinyalir terlibat skandal emisi bahan bakar.

"Kami berencana untuk menambah mobil mewah terbaru SUV listrik, ke dalam portfolio kami, yang akan diproduksi di Leipzig," ujar Blume.

Blume mengatakan, dengan SUV listrik ini, Porsche berencana untuk memperluas posisinya di segmen mobil mewah. Dia juga menargetkan peluang penjualan yang baru dengan adanya mobil tersebut nantinya.

Baca juga: Pedrosa Pacu KTM RC16 Vs Porsche 918 Spyder di Lintasan Lurus

Porsche akan menggunakan platform SSP Sport milik Volkswagen Group. Tapi, tentunya dengan beberapa modifikasi dan tentunya dengan harga yang lebih mahal.

Porsche Cayenne Turbo S.carscoops Porsche Cayenne Turbo S.

Platform Scalable Systems Platform (SSP) diperkirakan baru akan datang pada 2026. Platform ini menggabungkan elemen terbaik dari platform MEB dan PPE.

Sayangnya, belum ada bocoran lebih lanjut mengenai spesifikasi motor elektrik atau baterai yang akan digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com