Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Baru Bodi Bus Setra, Lebih Elegan Punya Fitur Keselamatan

Kompas.com - 02/08/2022, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu produk andalan Daimler Truck AG, Setra, baru saja merilis bodi bus baru. Generasi terbaru dari Setra ComfortClass dan TopClass ini punya tampilan yang makin elegan.

Secara bagian eksterior, bagian depan dari bodi baru Setra ini lebih kalem. Misalnya dari lampu depan LED yang punya fitur Adaptive highbeam. Begitu juga model dari lampu sein yang juga berfungsi bergantian dengan DRL.

Daimler Buses Head of Design Stefan S. Handt mengatakan, Setra ComfortClass dan TopClass telah diberikan tampilan yang jauh lebih berkelas. Bahkan untuk logo Setra di bagian depan menambah tegas bahasa desain bus ini.

Baca juga: Desain Bus Medium Banyak Mirip dengan Big Bus


"Klaim kelas premium Setra semakin ditegaskan. Sekarang logo Setra di bagian depan juga terlihat jelas," ucap Stefan dalam siaran resmi dikutip Senin (1/8/2022).

Selain itu, di bagian samping ada ornamen bertuliskan Setra yang cukup besar ukurannya. Namun dari model ComfortClass dan TopClass punya desain ornamen samping yang sedikit berbeda.

Keunikan lain dari bus Setra ini adalah model ventilasi udara di bagian belakang yang ekstra besar. Selain itu, bentuknya juga unik, bukan sekadar mengotak tapi seolah memberi kesan dinamis tiga dimensi dari samping.

Baca juga: Data STNK Dihapus, Bakal Banyak Kendaraan Bodong


Kemudian kalau bagian belakangnya, Setra juga menggunakan lampu kombinasi LED. Modelnya tetap sama dengan generasi sebelumnya, namun sentuhan LED di bagian dalamnya memuat Setra terlihat segar.

Pada generasi terbaru ini juga Daimler menyematkan fitur Active Driver Assist 2 (ADA 2) dan Active Brake Assist 5 (ABA 5). Kombinasi kedua fitur keselamatan aktif tersebut membuat bus besar ini semakin aman di jalanan.

ASA 2 punya fitur menjadi asisten pengemudi menjaga jarak aman sampai mencegah bus keluar dari jalur. Sedangkan ABA 5 dapat mendeteksi obyek yang bergerak di depan bus dan mengaktifkan emergency brake.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com