Siap Meluncur, Suzuki S-Presso Pakai Transmisi AGS

Kompas.com - 02/08/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Suzuki S-Presso di Indonesia tampaknya akan terwujud tidak lama lagi.

Rumors menyebutkan bahwa city car dari Suzuki ini bakal melantai di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 pada Agustus mendatang.

Spekulasi ini semakin diyakini melalui unggahan di media sosial resmi Instagram Suzuki pada Kamis (28/7/2022), yang menampilkan siluet diduga kuat merupakan Suzuki S-Presso, lengkap dengan keterangan tanggal peluncurannya.

Baca juga: Selain S-Presso, Suzuki Bakal Luncurkan Baleno Facelift?

“Step up your game on 11.08.2022. Be ready!,” tulis unggahan tersebut.

Beberapa diler Suzuki di Jakarta bahkan sudah membuka keran pemesanan dan membocorkan spesifikasi kendaraan city car dari Suzuki itu.

“Tanggal 11 Agustus baru launching, tapi kita sudah open inden. Untuk S-Presso tipe MT Rp 155 juta dan tipe AGS Rp 164 juta,” ucap tenaga penjual Suzuki di Bekasi, Senin (1/7/2022).

Transmisi Auto Gear Shift pada Suzuki Karimun Wagon R GS.Otomania-Stanly Ravel Transmisi Auto Gear Shift pada Suzuki Karimun Wagon R GS.

Bicara soal transmisi, belum banyak masyarakat yang paham cara kerja transmisi Auto Gear Shift (AGS) yang disematkan pada Suzuki S-Presso.

Pasalnya, kebanyakan mobil matik saat ini menggunakan transmisi Automatic Manual Transmission (AMT), Automatic Transmission (AT), dan Continuously Variable Transmission (CVT).

Pada prinsipnya AGS bekerja seperti mobil bertransmisi otomatis. Namun ada perbedaan, karena ini adalah transmisi berbasis manual yang dapat memindahkan gigi secara otomatis sehingga tidak diperlukan pedal kopling.

Teknologi AGS bekerja dengan mengintegrasikan sistem aktuator hidrolik presisi yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) dan Transmission Control Module (TCM). Fungsinya untuk mengatur kerja kopling, perseneling gigi, dan mesin.

Lewat mekanisme ini, pengemudi bisa menikmati sensasi transmisi manual tanpa perlu repot menekan pedal kopling.

Baca juga: AC Mobil Tidak Dingin tapi Selangnya Beku, Ini Penyebabnya

Pada dasarnya, teknologi ini serupa dengan Automatic Manual Transmission (AMT), memakai girboks dengan kopling kering layaknya mobil manual. Tapi peran kerja kopling dikendalikan oleh sebuah pompa yang diatur secara elektronik.

Di Indonesia sendiri jenis transmisi ini bukan barang baru, karena beberapa mobil city car dari brand Eropa juga sudah ada yang menggunakannya. Suzuki sendiri juga telah menerapkan transmisi AGS pada beberapa produknya seperti Karimun Wagon R dan Suzuki Ignis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.