Operator Bus Masih Pikir-pikir Pakai Spion Kamera

Kompas.com - 03/08/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Spion kamera yang dipasang pada bus sudah masuk ke Indonesia. Sebelumnya, produk yang membantu pengemudi ini marak dipasang pada bus Eropa.

Saat itu, Karoseri Tentrem jadi yang pertama dengan spion kamera pada busnya. Tidak lama berselang, New Armada dan Laksana turut memamerkan spion kamera pada produknya.

Namun, nampaknya inovasi spion kamera ini masih belum diminati para operator. Terlihat baru PO Harapan Jaya saja yang menggunakan spion kamera di bus yang berangkat reguler atau AKAP.

Baca juga: Pengemudi Bus Maksimal Menyetir 8 Jam Sehari

Spion kamera di bus buatan Karoseri LaksanaDOK. LAKSANABUS Spion kamera di bus buatan Karoseri Laksana

Pemilik PO Sumber Alam Anthony Steven Hambali mengatakan, untuk saat ini bus-bus PO Sumber Alam masih akan menggunakan spion yang konvensional.

"Pertama alasannya, spion kamera memang sudah diadopsi di Eropa, tapi tentu kualitas barang yang digunakan berbeda dengan yang di sini," kata Anthony kepada Kompas.com, Selasa (2/8/2022).

Selain itu, masih perlu pembuktian mengenai ketahanan spion kamera. Apalagi ini adalah perangkat elektronik yang cukup canggih, soal servis dan after sales-nya juga masih harus dibuktikan.

Baca juga: Konsumen Ditawari Pengembalian Dana Inden Fazzio, Ini Kata Yamaha


"Dari segi harga juga masih kurang ekonomis. Terakhir, keribetan elektronik bisa memengaruhi operasional," kata Anthony.

Anthony juga memikirkan soal keselamatan dari spion kamera. Mengingat kalau mengalami masalah, spion kamera bisa mati, jadi pengemudi tidak bisa melihat area sekitar bus dengan jelas.

"Tapi pertimbangan saya soal safety, apabila ada trouble di jalan, itu sangat berbahaya," kata Anthony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.