Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Wanita Malas Servis Mobil ke Bengkel?

Kompas.com - 18/07/2022, 16:12 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap pemilik mobil wajib membawa mobil ke bengkel untuk servis berkala. Perawatan secara rutin pada kendaraan menjadi hal yang harus dilakukan guna menjaga kondisi.

Namun, pemilik mobil wanita dan pria memiliki perbedaan dalam membawa mobil ke bengkel untuk perawatan.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan laki-laki terlihat lebih sering datang ke bengkel untuk melakukan perawatan mobil.

Baca juga: Nissan Leaf Bakal Disuntik Mati?

“Yang lebih rajin membawa mobil ke bengkel adalah laki-laki, mungkin wanita lebih senang saat menggunakannya,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Bahkan, menurut Bambang di bengkel resmi Daihatsu persentase wanita yang membawa sendiri mobilnya untuk melakukan servis tidak lebih dari satu persen.

Maka dari itu, pemilik mobil pria lebih rajin untuk membawa kendaraan ke bengkel.
“Bukan lebih rajin, memang perawatan kendaraan lebih kepada dunia laki laki. Semisal sepakbola ada yang cewek namun dominannya laki- laki,” kata Bambang.

Sementara itu, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan untuk memastikan siapa yang lebih rajin membawa mobilnya ke bengkel harus melalui survei. Kalau dilihat selama ini memang laki-laki yang lebih dominan melakukan servis ke bengkel.

Ilustrasi servis mobil di bengkel resmi SuzukiDok. SIS Ilustrasi servis mobil di bengkel resmi Suzuki

“Tetapi, bukan berarti perempuan kalau punya mobil malas ke bengkel, sama sekali bukan saya kira. Saya kira itu tidak bisa diambil datanya dari kedatangan di bengkel tetapi mesti pakai survei,” kata Suparna.

Suparna juga menyebutkan jika pihaknya selalu memberikan informasi mengenai pentingnya perawatan mobil baik pemilik mobil laki-laki maupun wanita.

Baca juga: Parkir Pakai Mobil Matik, Hati-hati Salah Injak Pedal

Setiap mobil melakukan perawatan maka dari bengkel akan memberikan informasi kepada pemilik mobil agar membawanya ke bengkel untuk servis.

“Kalau di kita biasanya mau pemilik laki-laki atau perempuan semua kita informasikan pentingnya perawatan berkala kendaraan secara rutin minimal enam bulan sekali untuk kenyamanan dan keselamatan pengendara,” kata Suparna.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com