Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Gaya dan Harga, Pilih Honda ADV 160 atau Yamaha Aerox 155

Kompas.com - 01/07/2022, 17:50 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - New Honda ADV 160 resmi meluncur di Indonesia. Skutik bongsor bergaya adventure tersebut mengusung beberapa ubahan, termasuk mesin yang lebih besar dari sebelumnya.

Jika dilihat dari segmentasi maka bisa disebut ADV 160 bermain sendirian di kelas skutik adventure. Sebab Yamaha Aerox 155 lebih cocok jika disandingkan dengan Vario 160 yang meluncur di awal tahun.

Baca juga: Seberapa Penting Sabuk Pengaman untuk Penumpang Mobil

Meski demikian tidak ada salahnya membandingkan kedua, melihat peta kekuatan masing-masing yang disuguhkan pabrikan kepada konsumen.

New Honda ADV 160KOMPAS.com/DIO DANANJAYA New Honda ADV 160

Desain

Desain ADV 160 tidak beda jauh dengan ADV 150, artinya masih bergaya adventure dan terkesan macho. Dimensinya besar, gagah dan cocok buat dual purpose ringan di jalan kasar.

Adapun Aerox 15 merupakan jagoan Yamaha yang menyesar konsumen suka skutik bergaya sporty. Berbeda dengan Nmax 155 yang lebih ke arah elegan buat penikmat motor yang lebih suka kenyamanan.

Baca juga: Bahaya Ganti Seal Kit Rem Abal-abal

Yamaha All New Aerox 155 Connected ABSKompas.com/Donny Yamaha All New Aerox 155 Connected ABS

Fitur

Pencahayaan Honda ADV 160 full LED pada headlight, taillight, dan lampu sein untuk kemampuan penerangan lebih baik dan tahan lama. Lampu belakang juga sudah LED dengan pattern “X” untuk memberikan kesan tangguh dan futuristik.

Lampu belakang dilengkapi dengan Emergency Stop Signal (ESS) untuk keadaan darurat saat pengereman mendadak di kecepatan tinggi yang hanya tersedia pada tipe ABS.

Panel indikator full digital mencakup indikator Smart Key indicator, HSTC Indicator, Oil Change Indicator, Battery Indicator, Idling Stop Indicator, Trip Meter, Fuel Consumption Indicator, RPM, Trip Duration, Jam Digital, dan ABS Indicator.

Baca juga: Bus Baru Bergaya Eropa Pakai Lampu Volvo, Buatan Trijaya Union

New Honda ADV 160KOMPAS.com/DIO DANANJAYA New Honda ADV 160

Sistem pengoperasian dengan Smart Key alias keyless agar lebih aman. Tersedia colokan buat charger tipe USB dengan daya maksimal 5V 2.1A. Bagasi di bawah jok berkapasitas 30 liter, lebih besar 2 liter dari sebelumnya.

Suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang kembar dari Show model tabung agar bantingannya lebih nyaman. Rem depan belakang sudah cakram.

Honda ADV 160 juga makin canggih berkat fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control). Fitur yang mencegah ban selip tapi hanya tersedia di tipe ABS.

Baca juga: Lebih Mahal dari PCX 160, Apa Saja Keunggulan Honda ADV 160?

Yamaha All New Aerox 155 Connected ABSKompas.com/Donny Yamaha All New Aerox 155 Connected ABS

Untuk Aerox 155, perangkat pencahayaan sudah LED kecuali sein. Instrumen kluster layar TFT digital. Keunggulannya panel instrumen dapat terhubung dengan ponsel lewat Yamaha Motorcycle Connect yang jadi unggulan Yamaha.

Fitur ini memungkinkan pemilik motor mendapat notifikasi telepon, email, pesan, lokasi parkir, rekomendasi perawatan, konsumesi BBM, notifikasi malfungsi, jarak tempuh, dan eco riding.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com