Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Tetap Kagum pada Rossi meski Bukan Teman Lagi

Kompas.com - 23/05/2022, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hubungan antara Marc Marquez dan Valentino Rossi merenggang sejak insiden pada musim 2015. Meski demikian, Marquez tak malu mengungkapkan kekagumannya pada Rossi.

Kedua pebalap ini pernah bersaing sangat ketat beberapa tahun lalu. Bahkan, persaingan antara Rossi dan Marquez juga sempat memanas.

Baca juga: Lorenzo Ikut Jejak Rossi, Balap Mobil Pakai Porsche

Sekarang, Rossi sudah pensiun dari MotoGP dengan segudang prestasi dan rekor yang diraihnya. Marquez pun tidak sungkan untuk mengungkapkan kekagumannya.

Valentino Rossi dan Marc Marquezcrash.net Valentino Rossi dan Marc Marquez

"Kekaguman atas apa yang sudah dia raih masih tetap ada, bukan hanya karena gelar juara dunianya," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek.com, Minggu (21/5/2022).

Marquez menambahkan, dirinya kagum terhadap apa yang Rossi raih di dunia roda dua, baik di trek maupun di luar trek. Menurut dia, Rossi juga berhasil mengajarkan banyak pebalap lain.

Baca juga: Joan Mir Tidak Takut Jika Harus Satu Tim dengan Marc Marquez

"Ketika dia pensiun dari MotoGP, saya juga mengatakannya, dan saya tidak malu akan hal itu. Kita semua tidak harus berteman, tapi itu bukan berarti saya tidak mengakui apa yang sudah dia lakukan," kata Marquez.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)JAVIER SORIANO Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

Rossi pensiun dengan sembilan gelar juara dunia di tangannya, mulai kelas 125 cc, 250 cc, 500 cc, hingga MotoGP. Sedangkan Marquez sudah meraih delapan gelar juara dunia, mulai 125 cc, Moto2, sampai MotoGP.

Banyak yang yakin Marquez bisa menyamai atau bahkan melewati rekor yang diraih oleh Rossi. Namun, performanya saat ini menurun jauh setelah dirinya mengalami cedera patah tulang pada lengan kanannya.

Setelah lengannya sembuh, Marquez kembali divonis mengalami diplopia. Selain itu, motor RC213V yang sekarang juga menurutnya masih banyak kekurangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com