Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Kencang Motor MotoGP dan MotoE Milik Ducati

Kompas.com - 12/05/2022, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati akan menggantikan posisi Energica sebagai pemasok motor listrik untuk MotoE. Pabrikan asal Italia tersebut akan memulainya pada musim 2023.

Hingga kini, nama prototype motor tersebut masih menggunakan V21L. Berbeda dengan motor MotoGP yang menggunakan nama Desmosedici GP.

Baca juga: Motor Listrik Ducati Untuk MotoE Mulai Dites di Sirkuit Misano

Akhir tahun lalu, Ducati untuk pertama kalinya mengetes motor listrik tersebut bersama test rider-nya, yakni Michele Pirro, di Sirkuit Misano, Italia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pirro Michele (@michelepirro51)

Belum lama ini, Pirro juga terlihat mengetesnya Sirkuit Mugello, Italia, bersama Chaz Davies, pebalap Ducati di World Superbike (WorldSBK).

Dalam video yang diunggah oleh @michelepirro51, terlihat dirinya yang menggunakan V21L beradu akselerasi dengan Davies yang mengendarai GP22.

Baca juga: Michelin Terus Kembangkan Ban Balap Ramah Lingkungan untuk MotoE

Untuk tarikan awal, motor listrik tersebut tidak kalah dengan motor MotoGP. Tapi, setelah beberapa ratus meter, baru terlihat perbedaannya.

Prototype V21L, motor balap elektrik buatan Ducati untuk MotoEDok. Ducati Prototype V21L, motor balap elektrik buatan Ducati untuk MotoE

Untuk diketahui, prototype V21L merupakan hasil kolaborasi antara Ducati Corse dan desainer Ducati R&D Roberto Cane. Motor tersebut dibangun dengan performa yang tinggi dan ringan di saat yang bersamaan.

Untuk meningkatkan performa dan mengurangi bobot, Ducati juga fokus pada power delivery dan baterai. Terlihat banyak material serat karbon yang digunakan pada motor tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com