Aturan dan Etika, Bolehkah Membantu Korban Kecelakaan di Jalan Tol

Kompas.com - 12/05/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan mobil pikap kecelakan terguling di jalan tol. Diduga kuat mobil terbalik karena muatan berlebih alias ODOL.

Dalam video yang diunggah akun TikTok gadangkalem, terlihat jelas proses mobil terguling di jalan tol. 

"Telah terjadi kecelakaan di tol Cipularang, satu buah mobil Pick up dengan muatan barang yang over #tiktokindonesia #staysafe #kecelakaan selalu hati2," tulis akun tersebut dikutip Kamis (12/5/2022).

Baca juga: Diskon Motor Sport 250cc di Diler Resmi per Mei 2022

@gadangkalem telah terjadi kecelakaan di tol Cipularang, satu buah mobil Pick up dengan muatan barang yang over #tiktokindonesia #staysafe #kecelakaan ? suara asli - Fernandus

 

Video tersebut menuai banyak reaksi. Ada beberapa yang mempertanyakan mengapa mobil di belakang hanya merekam video tapi tidak berhenti untuk membantu korban.

Perdebatan terjadi soal bolehkah membantu korban kecelakaan di jalan tol. Sebab diketahui jalan tol merupakan jalan bebas hambatan dan jika salah justru dapat berisiko buat diri sendiri da orang lain.

Lantas bagaimana secara aturan dan etika, bolehkah berhenti di jalan tol untuk menolong korban kecelakaan?

Budiyanto, pemerhati masalah transportasi dan hukum mengatakan, jika memungkinkan maka dibolehkan untuk berhenti dan menolong korban kecelakaan di jalan tol.

Baca juga: Cek Diskon Motor Sport 150cc Terbaru

Lokasi kecelakaan di tol Lampung ruas Bakter, KM108 Tegineng.KOMPAS.COM/DOK. Polres Pesawaran Lokasi kecelakaan di tol Lampung ruas Bakter, KM108 Tegineng.

"Boleh," kata Budiyanto kepada Kompas.com.

"Parkirkan kendaraan anda di bahu jalan kemudian menyalakan lampu hazard menandakan dalam keadaan darurat bila memungkinkan pasang segitiga pengaman atau isyarat lain," katanya.

Budiyanto mengatakan, membantu korban kecelakaan secara eksplisit diatur dalam Undang - Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, tentag kewajiban pengemudi kendaraan bermotor yang terlibat kecelakaan dan setiap orang yang melihat atau mengetahui terjadinya kecelakaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.