Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Resmi Gantikan Energica Jadi Pemasok Motor Listrik di MotoE

Kompas.com - 22/10/2021, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, Energica resmi mengundurkan diri sebagai pemasok motor untuk Kejuaraan Dunia MotoE. Selanjutnya, Dorna Sports mengumumkan penggantinya adalah Ducati.

Ducati resmi menjadi pemasok motor listrik untuk ajang balap MotoE mulai 2023 hingga 2026. Kabar ini tentu mengejutkan banyak orang, karena hingga saat ini Ducati belum meluncurkan motor listrik ke pasaran.

Mesin untuk era baru MotoE akan dibuat khusus dari DNA balap Ducati, dengan fokus menciptakan sepeda motor ringan yang menyatukan tradisi, semangat, dan inovasi untuk era baru kompetisi listrik di paddock MotoGP.

Baca juga: Usai 2022, Energica Setop Jadi Pemasok Motor MotoE

CEO Ducati Motor Holding Claudio Domenicali, mengatakan, dirinya sangat bangga dengan perjanjian ini, karena seperti apapun yang pertama, ini merupakan momen bersejarah bagi Ducati.

"Ducati selalu fokus ke masa depan dan setiap kali memasuki dunia baru, itu bertujuan untuk menciptakan produk dengan kinerja terbaik. Perjanjian ini datang pada waktu yang tepat untuk Ducati, yang telah mempelajari powertrain listrik selama bertahun-tahun, karena akan memungkinkan kami untuk berkembang dalam bidang yang terkendali, yaitu persaingan," ujar Domenicali, dikutip dari Motogp.com, Kamis (21/10/2021).

Domenicali menambahkan, Ducati akan bekerja untuk memberikan setiap pebalap di MotoE motor listrik berperforma tinggi dan ringan.

Baca juga: Setelah Moto2 dan Moto3, Indonesian Racing Jamah MotoE

"Ada di area bobot, yang merupakan elemen fundamental dari motor sport, yang akan membuktikan tantangan terbesar. Mesin ringan selalu menjadi DNA Ducati dan berkat teknologi dan kimia baterai yang berkembang pesat, kami yakin dapat mencapai hasil yang sangat baik," kata Domenicali.

Ducati resmi jadi pemasok motor listrik untuk ajang balap MotoE mulai 2023 hingga 2026Dok. Ducati.com Ducati resmi jadi pemasok motor listrik untuk ajang balap MotoE mulai 2023 hingga 2026

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta, mengatakan, pihaknya sangat bangga mengumumkan Ducati sebagai pabrikan tunggal baru untuk FIM Enel MotoE World Cup.

"Dengan sejarah balap mereka yang luar biasa, merupakan suatu kehormatan untuk menyambut komitmen dari salah satu pabrikan paling terkenal di paddock untuk menghadapi tantangan baru ini bersama-sama," ujar Ezpeleta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com