Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru Kencana Shuttle, Tingkat, Pakai Cat Pink

Kompas.com - 29/04/2022, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah semakin terkendali. Salah satu usaha yang kembali bangkit adalah pengusaha transportasi, terutama darat.

Untuk bisa bersaing, para pengusaha transportasi ini terus lakukan inovasi layanan. Misalnya seperti Kencana Luxury Shuttle yang baru saja menambah bus baru dengan desain tingkat dari Karoseri Adiputro di Malang, Jawa Timur.

Bodi yang digunakan adalah Jetbus 3+ Super Double Decker (SDD) yang dipasang ke sasis Scania K410iB. Kelir yang dipilih untuk bagian eksteriornya adalah pink atau merah muda dengan kominasi abu-abu di bagian belakang.

Baca juga: Bus Baru PO Metro Permai Bisa Selonjoran, Siap Melayani Warga Sulawesi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, spesifikasi untuk bus Kencana ini bisa dibilang super mewah, apalagi untuk dek bawahnya.

"Susunan bangku yang bawah ada empat sleeper, sedangkan yang atas 2-2 dengan leg rest," ucap Yohan kepada Kompas.com, Kamis (28/4/2022).

Biasanya untuk bus tingkat, di bagian bawah bisa diisi dua kelas layanan, yakni pakai bangku sleeper dan satu lagi bangku biasa yang super lebar. Namun berbeda dengan apa yang dipilih Kencana untuk armadanya.

Baca juga: Bus Baru PO Palala, Single Glass Keluaran Karoseri Adiputro

Di bawah bangku sleeper dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan barang. Selain itu setiap bangkunya juga dilengkapi dengan AVOD sebagai hiburan selama perjalanan.

Untuk bangku yang ada di atas, nampaknya melayani kelas Eksekutif. Bangkunya cukup lebar dan disusun 2-2 serta dilengkapi dengan leg rest yang nyaman.

Kencana sendiri belum mengumumkan akan melayani rute apa untuk bus tingkatnya. Untuk kendaraan shuttlenya, Kencana melayani tujuan ke kota Semarang, Jepara, Pati, Jogja, Salatiga, Solo, Surabaya, Pekalongan, Tegal, dan Cirebon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com