Kompas.com - 29/04/2022, 04:42 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyatakan bahwa pengawasan kebijakan ganjil genap di jalan tol selama periode arus mudik Lebaran 2022 dilaksanakan di tiap gerbang tol.

Hal tersebut dalam upaya menekan potensi kepadatan kendaraan selama puncak arus mudik Lebaran 2022 yang berlangsung mulai 28 April 2022 sampai 1 Mei 2022 mendatang.

“Hasil rapat kemarin dengan para Dirlantas, Jasa Marga dan Kakorlantas maka diputuskan bahwa filterisasi one way tidak dilaksanakan di tol, seperti uji coba pada 25-26 April 2022 kemarin," katanya, Kamis (28/4/2022).

Baca juga: H-5 Lebaran 2022, 8.474 Kendaraan Sudah Memasuki Sumatera

Foto udara sejumlah kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan, Subang, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Polri menerapkan kebijakan jalur satu arah atau 'one way' dan ganjil genap pada arus mudik H-4 Lebaran 2022 mulai ruas Tol Jakarta-Cikampek kilometer 47 hingga Tol Kalikangkung kilometer 414 guna mengurai kemacetan kendaraan para pemudik dan tidak akan ada sanksi bagi pengendara yang melintas di tol di luar ketentuan khusus pelat nomor polisi ganjil atau genap. Pengendara hanya diarahkan untuk keluar dari gerbang tol.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Foto udara sejumlah kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan, Subang, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Polri menerapkan kebijakan jalur satu arah atau 'one way' dan ganjil genap pada arus mudik H-4 Lebaran 2022 mulai ruas Tol Jakarta-Cikampek kilometer 47 hingga Tol Kalikangkung kilometer 414 guna mengurai kemacetan kendaraan para pemudik dan tidak akan ada sanksi bagi pengendara yang melintas di tol di luar ketentuan khusus pelat nomor polisi ganjil atau genap. Pengendara hanya diarahkan untuk keluar dari gerbang tol.

Namun, kata Sambodo lagi, akan dilaksanakan pengawasan di tiap Gerbang Tol. Jadi akan ada beberapa gerbang tol yang akan menerapkan gage (ganjil genap) pada saat diberlakukannya one way.

Lebih jauh, khusus untuk di wilayah hukum Polda Metro Jaya, filterisasi kendaraan ganjil genap akan di mulai dari wilayah Bekasi hingga Cibatu.

“Kalau di wilayah Polda Metro Jaya akan mulai di Bekasi Barat, Bekasi Timur, Tambun, Cibitung, Cikarang Barat, Cikarang Pusat hingga Cibatu itu semuanya nanti akan diterapkan filterisasi one way saat dilaksanakan one way,” kata Sambodo.

Kemudian saat pelaksanaan one way di ruas jalan tol, nantinya tiap pintu akses masuk gerbang tol sementara akan dilakukan penutupan.

Baca juga: Ganjil Genap dan One Way sampai Kalikangkung Resmi Dimulai 

Kepadatan kendaraan pada H-4 di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Satlantas Polres Bogor menyatakan kepadatan arus lalu lintas di jalur Pucak Bogordiprediksi akan meningkat pada saat Lebaran, H+1 dan H+2.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Kepadatan kendaraan pada H-4 di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Satlantas Polres Bogor menyatakan kepadatan arus lalu lintas di jalur Pucak Bogordiprediksi akan meningkat pada saat Lebaran, H+1 dan H+2.

“Nanti pada saat one way arus mudik dan terjadi kepadatan maka seluruh pintu tol di kota akan kita tutup pada saat terjadi kepadatan sehingga bisa menguras arus jalanan,” jelasnya.

“Dan untuk mengimbangi one way akan ada contra flow di KM 28 sampai dengan 47,” ucap dia lagi.

Berikut jadwal ganjil genap dan one way saat arus mudik di Tol TransJawa;

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.