Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus AKAP Baru PO New Shantika, Kaca Tunggal dan Sekat Los

Kompas.com - 26/04/2022, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang lebaran, beberapa operator menambah bus baru sebagai upaya menarik minat penumpang. Salah satunya seperti yang dilakukan PO New Shantika dengan merilis dua bus baru dari Karoseri Adiputro.

Dua bus tersebut menggunakan bodi Jetbus 3+ MHD yang dipasang ke sasis Mercedes Benz. Selain itu, MHD yang digunakan juga berbeda, yakni bergaya kaca tunggal alias Single Glass.

Warna dipilih yang PO New Shantika terkesan khas, karena menjadi operator yang tidak punya livery seragam. Jadi dua bus yang baru rilis ini berwarna ungu dan emas.

Baca juga: Cek Harga Tiket Bus Jakarta-Solo Mendekati Musim Mudik 2022

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Uniknya ada pada bagian kabin bus, pertama adalah adanya sekat di bagian depan kabin. Sekat ini memisahkan antara kabin penumpang dengan pengemudi dan kru, jadi tidak terganggu selama perjalanan.

Biasanya, sekat buatan Adiputro punya tampilan yang sederhana dengan ukuran kaca yang kecil. Sehingga, pandangan penumpang ke arah depan jadi terhalang, namun berbeda dengan unit New Shantika.

"Sekat memang dibuat lebih lebar kacanya, permintaan dari Shantika," ucap Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Surabaya Pakai Suzuki XL7, Siapkan Rp 1 Jutaan

Kabin Bus AKAP baru PO new ShantikaDOK. ADIPUTRO Kabin Bus AKAP baru PO new Shantika

Sekat model baru ini punya kaca yang besar, lebih panjang, jadi los. Begitu juga pada bagian pintu sekat, kaca yang digunakan juga panjang sehingga tidak menghalangi pandangan penumpang.

Untuk bagian kabin, bangku yang digunakan sudah dilengkapi dengan leg rest. Selain itu di bagian belakang sisi kiri bus juga dipasang toilet khusus untuk buang air kecil dan bisa digunakan ketika bus berjalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com