Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Siapkan Alternatif Jalur Arteri kalau Jalan Tol Padat

Kompas.com - 27/04/2022, 07:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana mengungkapkan adanya potensi kepadatan di jalur arteri selama periode mudik Lebaran tahun ini.

Mengingat, jalur arteri akan menjadi rute alternatif apabila tol mengalami kepadatan. Sebab, diprediksi bahwa pemudik tahun ini didominasi oleh pengguna jalur tol.

Sehingga, kemacetan di tol akan berdampak luas bila terjadi nantinya. Ia tak ingin berulangnya kasus Brexit yang terjadi pada 2016 lalu.

Baca juga: Strategi Nyetir Agar Tidak Lemas dan Ngantuk Saat Mudik

Potret Lalu Lintas di Jalan Slamet Riyadi Kawasan Purwosari Kota Solo, Jawa TengahKOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati Potret Lalu Lintas di Jalan Slamet Riyadi Kawasan Purwosari Kota Solo, Jawa Tengah

"Dalam pengamanan, kami bentuk beberapa pos pelangaman, pos terpadu. Pos-pos ini untuk mendekatkan layanan)," kata Chryshnanda dalam webinar, Selasa (26/4/2022).

"Di era digital kami lakukan layanan virtual, kami pantau dari peta digital, kelihatan di mana nanti yang padat," lanjut dia.

Demi mencegah kepadatan di tol, Korlantas Polri telah menyiapkan skema lalu lintas seperti pengalihan arus ke jalur arteri.

Kepolisian pun siap mencegah kepadatan di jalur arteri yang di antaranya disebabkan perbaikan jalan, kendaraan parkir di bahu jalan, dan kegiatan masyarakat serta sumbangan di tengah jalan.

Baca juga: Jangan Batalkan Puasa di Mobil dengan Minuman Energi

Satlantas Polresta Malang Kota melakukan simulasi rekayasa lalu lintas untuk persiapan mendekati arus mudik lebaran mengantisipasi lonjakan kepadatan kendaraan pada Kamis (21/4/2022). KOMPAS.com/ Nugraha Perdana Satlantas Polresta Malang Kota melakukan simulasi rekayasa lalu lintas untuk persiapan mendekati arus mudik lebaran mengantisipasi lonjakan kepadatan kendaraan pada Kamis (21/4/2022).

"Arus yang harusnya di tol akan dipindah ke arteri. Akan kami minimalisir potensi perlambatan, misal di pelintasan sebidang, pasar tumpah, bottleneck," ujar Chryshnanda.

Dia optimistis pelaksanaan mudik Lebaran tahun ini bisa berjalan lancar dan aman lewat sejumlah skema pengamanan.

"Kami akan amankan lalu lintas di tol, arteri, jalan alternatif lainnya. Kalau tahun ini ada masalah, maka akan luas (solusinya), bisa diskresi one way, ganjil genap, dan lain-lain agar tercipta suasana mudik yang asyik, aman, lancar, serta tetap sehat," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com