Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Ioniq 5 Prime Juga Bisa Merasakan Fitur V2L

Kompas.com - 09/04/2022, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Ioniq 5 yang resmi diluncurkan di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 memiliki banyak fitur canggih. Salah satunya adalah Vehicle-to-Load (V2L).

Dengan fitur V2L, memungkinkan mobil listrik Ioniq 5 menjadi sumber listrik pendukung mobilitas penggunanya, seperti dalam kegiatan outdoor, di mana pun dan kapan pun.

Baca juga: Baterai Hyundai Ioniq 5 Setara Setengah Harga Mobil

Fitur V2L memiliki pasokan arus listrik tipe AC sebesar 3,6 kW yang melebihi standar daya listrik domestik untuk satu rumah tangga.

Detail Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Detail Hyundai Ioniq 5

Arus listrik tersebut dapat diperoleh dari dua sumber yang dapat dipakai bersamaan, yaitu dari port bagian luar yang dapat difungsikan saat mobil dalam kondisi berhenti atau mati, atau dari port yang terletak di bagian dalam, tepatnya di bawah kursi baris kedua yang tetap bisa digunakan sekalipun mobil tengah dikendarai.

Fungsi V2L dapat diaplikasikan untuk mengisi daya perangkat bertenaga listrik apa pun. Selain itu, saat di situasi di mana mobil listrik lain tengah kehabisan baterai, fitur ini dapat digunakan untuk mengecas mobil tersebut menggunakan Handheld Portable Charger.

Baca juga: Begini Rasanya Nyetir Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

Namun, untuk port yang ada di kabin, hanya tersedia pada Ioniq 5 tipe Signature. Sementara untuk Prime, port tersebut tidak ada. Perangkat Handheld Portable Charger juga hanya diberikan pada pembeli Ioniq 5 tipe Signature.

Detail Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Detail Hyundai Ioniq 5

Tapi, bagi pemilik Ioniq 5 tipe Prime, tetap bisa merasakan V2L jika memiliki Handheld Portable Charger tersebut.

Tony Hadiyanto, Head of Parts Department PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), mengatakan, perangkat tersebut akan dijual terpisah juga dan akan digolongkan sebagai spare part.

Detail Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Detail Hyundai Ioniq 5

"V2L kita siapkan sebagai spare part. Jadi, nanti bisa ke diler, di sana akan dibukakan katalog dan ada nomor untuk V2L. Nanti bisa dibeli di sana," ujar Tony, saat media briefing, belum lama ini.

Sayangnya, Hyundai belum menetapkan berapa harga mobil listrik Ioniq 5. Begitu pula dengan harga Handheld Portable Charger tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com