Jumlah Pemudik Naik Jadi 85,5 Juta, Kendaraan Pribadi Mendominasi

Kompas.com - 09/04/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini mencapai 85,5 juta orang.

Jumlah tersebut bertambah dari dua hasil survei sebelumnya yang masing-masing sebanyak 79,4 pemudik dan 55 juta orang saat awal pengukuran.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, jumlah 85,5 juta orang pemudik didapat dari hasil survei terakhir yang dilakukan usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi lampu hijau mudik Lebaran.

Baca juga: Bukan Disuntik Mati, Ini Alasan Honda Hanya Pasarkan 1 Varian Mobilio

"Bisa dimaklumi karena dua tahun ini mudik tidak diperbolehkan. Tentu banyak masyarakat yang sudah rindu kampung halaman, ini yang kemudian animo perjalanan mudik akan sangat meningkat," kata Adita, dalam virtual Media Breafing, Jumat (8/4/2022).

Kendaraan melintasi Tol Pejagan - Brebes, Jawa Tengah, saat arus mudik lebaran H-6, Sabtu (11/7/2015). Tol Pejagan-Brebes dioperasikan untuk mengurangi kemacetan arus mudik lebaran meski kondisi fisik jalan masih jelek. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Kendaraan melintasi Tol Pejagan - Brebes, Jawa Tengah, saat arus mudik lebaran H-6, Sabtu (11/7/2015). Tol Pejagan-Brebes dioperasikan untuk mengurangi kemacetan arus mudik lebaran meski kondisi fisik jalan masih jelek. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Lebih lanjut Adita mengatakan, dari hasil surveri terakhir dengan jumlah 85,5 juta pemudik tersebut, 14,3 juta berasal dari wilayah Jabodetabek.

Sementara untuk pilihan moda transportasi perjalanan mudik Lebaran 2022, berdasarkan hasil survei akan didominasi angkutan darat.

Palinga utama adalah kendaraan pribadi, baik mobil atau sepeda motor, kemudian disusul dengan jenis angkutan umum seperti bus, travel, dan lainnya.

"Ini sesuatu yang harus diantisipasi mengingat angka 85,5 juta orang pemudik tersebut bukan sedikit, dan kita sudah 2 tahun tak melaksanakan mudik," ujar Adita.

"Adapun tujuan provinsi asal pemudik terbesar dari Jawa Timur, Jabodetabek, dan Jawa Tengah. Untuk tujuan mudik, seperti pola tahun-tahun sebelumnya kota utama adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat," katanya.

Baca juga: Antisipasi Kemacetan Mudik, Kemenhub Siapkan Contraflow dan One Way

One Way saat mudik lebaranKOMPAS.com One Way saat mudik lebaran

Lebih lanjut terkait prediksi arus mudik dari hasil survei, diperkirakan puncaknya akan terjadi pada 29-30 April 2022 antar pukul 07.00 WIB - 09.00 WIB. Untuk arus balik akan terjadi pada 8 Mei.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.