Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MGPA Bantah Banyak Pebalap Jatuh karena Faktor Aspal Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 20/03/2022, 12:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalannya sesi latihan bebas hingga kualifikasi diwarnai banyaknya pebalap yang terjatuh. Tak sedikit yang menganggap penyebabnya adalah lintasan yang tidak aman.

Banyak pebalap yang terjatuh, khususnya pada hari kedua Pertamina Grand Prix of Indonesia. Bahkan, Marc Marquez sampai terjatuh dua kali dalam satu sesi.

Baca juga: Sempat Terjatuh di FP2, Ini Kata Marc Marquez

Namun, anggapan tersebut dibantah langsung oleh Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria. Menurutnya, FIM telah melihat beberapa insiden kecelakaan tersebut bukan disebabkan karena faktor lintasan.

Motor milik pebalap Repsol Honda Team Marc Marquez diangkut marshal usai terjatuh saat kualifikasi MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo merebut pole position dan berhak start terdepan pada balapan MotoGP seri kedua 2022 pada Minggu (20/3) setelah mencatatkan waktu tercepat 1 menit 31,067 detik.ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Motor milik pebalap Repsol Honda Team Marc Marquez diangkut marshal usai terjatuh saat kualifikasi MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo merebut pole position dan berhak start terdepan pada balapan MotoGP seri kedua 2022 pada Minggu (20/3) setelah mencatatkan waktu tercepat 1 menit 31,067 detik.

“Adanya pebalap yang jatuh hari ini, adanya beberapa pebalap yang jatuh dan menyebabkan kebakaran, ini bukan error lintasan. Itu evaluasi pihak FIM sendiri setelah melihat kondisi lintasan, itu bukan error lintasan," ujar Priandhi, dalam keterangan resminya.

Priandhi menambahkan, dirinya sudah berbicara dengan Race Director MotoGP Mike Webb, tidak ada hubungannya semua yang terjadi hari ini dengan homologasi yang telah diberikan.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Indonesia; Quartararo Pole, Marquez Jatuh 2 Kali

"Lintasan akan menjalani pembenahan minor pada Sabtu malam untuk memperbaiki serta menambal kerikil aspal yang sobek akibat motor jatuh," kata Priandhi.

Sebelumnya, Priandhi juga mengatakan bahwa Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, telah mengantongi homologasi grade A dari FIM. Artinya, sirkuit ini layak untuk menggelar ajang balap tingkat dunia sekelas MotoGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com