Laporan Langsung dari Sirkuit Internasional Mandalika

Mobil Pikap Penyapu Lintasan Sirkuit Mandalika, Pastikan Trek Bersih

Kompas.com - 20/03/2022, 11:41 WIB
|

MANDALIKA, KOMPAS.com - Saat tes pramusim Februari lalu, para pebalap MotoGP mengeluh lintasan Sirkuit Mandalika kotor, kini masalah seperti itu tidak lagi ditemukan saat kualifikasi dan balap.

Pengelola Sirkuit Mandalika, yaitu Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengupayakan yang terbaik untuk memastikan lintasan bersih dari debu, dengan cara terus membersihkan trek.

Pantauan Kompas.com di lokasi pada Sabtu (19/3/2022), usai kualifikasi MotoGP sekitar pukul 4.00 WITA sebelum balap Asia Talent Cup (ATC) dimulai, keluar mobil penyapu jalan.

Baca juga: Merah Putih Berkibar di Mandalika, Pebalap Indonesia Podium Ketiga IATC

Sensasi Nonton QTT MotoGP Mandalika dari Tribun Zona BKOMPAS.com/GILANG Sensasi Nonton QTT MotoGP Mandalika dari Tribun Zona B

Terlihat ada dua mobil pikap warna hitam yang keluar ke lintasan untuk menyapu trek. Mobil tersebut milik Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI).

Koordinator Sirkuit Mandalika dari MGPA, Denny Pribadi mengatakan, pihaknya memang menyediakan berbagai mobil untuk membersihkan lintasan, mulai jadi track jet hingga mobil sapu.

"Jadi fungsinya itu membersihkan trek, mobil canggih itu. Dia memang jalannya nggak terlalu cepat, tapi dia itu istilahnya, menyiram air, kemudian air itu disedot, divakum sama dia. Divakum sampai pasir itu benar-benar hilang semuanya, tapi tanpa merusak aspal," katanya di Mandalika, Sabtu (19/3/2022).

Baca juga: Shell Advance Dukung Tim Ducati Lenovo di MotoGP Mandalika

Sensasi Nonton QTT MotoGP Mandalika dari Tribun Zona BKOMPAS.com/GILANG Sensasi Nonton QTT MotoGP Mandalika dari Tribun Zona B

Denny mengatakan, mobil sapu keluar sebelum balapan berlangsung. Memastikan lintasan bersih sehingga tidak ada debu atau kerikil di lintasan yang dapat menggangu pebalap saat beraksi.

"Dia keluar (bekerja) sebelum race. Semuanya dibersihkan. Dan nggak hanya itu saja, ada banyak. Ada mobil sapu, ada juga secara manual orang yang jalan menggunakan (mesin) vakum yang tidak bisa tersapu oleh track jet atau mobil sapu," katanya.

"Nggak dipake (track jet kalau kualifikasi) karena kan mobil jalannya pelan, lama. Biasanya malam dia, sampai pagi 24 jam, dia jalan tuh," kata Denny.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.