Jokowi Nonton Langsung Balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 20/03/2022, 09:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden RI Joko Widodo dipastikan bakal hadir di Pertamina Mandalika International Street Circuit untuk menghadiri gelaran MotoGP Indonesia pada hari ini, Minggu (20/3/2022).

Hal ini diungkap oleh Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden. Menurutnya, agenda Jokowi setelah menonton MotoGP Indonesia adalah menghadiri acara Inter-Parliamentary Union (IPU) di Nusa Dua, Bali.

"Besok (ke Mandalika untuk menonton MotoGP). Iya (membuka dan menonton) dan ada acara membuka acara DPR IPU," ujar Heru, disitat dari Nasional Kompas.com (19/3/2022).

Baca juga: Red Flag, Motor Alex Rins Terbakar Saat FP4 GP Indonesia

Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) berfoto bersama pebalap MotoGP sebelum melepas parade di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintah dalam mempersiapkan pagelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022.SIGID KURNIAWAN Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) berfoto bersama pebalap MotoGP sebelum melepas parade di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintah dalam mempersiapkan pagelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Untuk diketahui, Indonesia kali terakhir menjadi tuan rumah balap Grand Prix pada 1997. Kala itu, balapan berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor. Kini setelah 25 tahun, ajang ini kembali lagi ke Indonesia.

Rangkaian acara MotoGP Mandalika sejatinya telah dimulai sejak awal pekan ini. Di mana pada Rabu (16/3/2022) lalu, sebanyak 20 pebalap MotoGP, Moto 2, dan Moto 3 menemui Presiden Jokowi di Istana Merdeka.

Para pebalap kemudian melakukan konvoi dari Jalan Merdeka Utara hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI), bersama sejumlah komunitas yang menggunakan beragam tipe motor.

Baca juga: Honda Luncurkan Mobil Baru Pekan Depan, Sinyal Kuat untuk HR-V

Pebalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez (kedua kiri) dengan motornya tiba untuk mengikuti parade di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintah dalam mempersiapkan pagelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022.SIGID KURNIAWAN Pebalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez (kedua kiri) dengan motornya tiba untuk mengikuti parade di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintah dalam mempersiapkan pagelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Adapun mengenai jadwal lomba di Sirkuit Mandalika, untuk balap Moto3 rencananya mulai bergulir pada pukul 11.00 WIB.

Setelah itu diikuti Moto2 yang beraksi sekitar pukul 12.20 WIB. Sedangkan untuk kelas MotoGP akan berjalan pada pukul 14.40 WIB.

Sebelumnya, Fabio Quartararo menjadi pebalap tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Indonesia, Sabtu (19/3/2022).

Baca juga: Jangan Sampai Ketinggalan, Ini Jadwal Balap MotoGP Mandalika 2022

Penampakan tribun sirkuit MandalikaKOMPAS.COM/IDHAM KHALID Penampakan tribun sirkuit Mandalika

Quartararo mencatatkan waktu 1 menit 31.067 detik dan berhak atas posisi start terdepan saat balapan.

Di belakangnya, ada duet pebalap Pramac Ducati Jorge Martin dan Johann Zarco yang mengamankan posisi kedua dan ketiga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.