Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Indonesia Mulai Produksi Mobilio Lagi

Kompas.com - 17/03/2022, 16:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) menegaskan akan kembali memproduksi model Mobilio untuk pasar domestik dalam waktu dekat. Tetapi jumlahnya tidak akan sebanyak beberapa waktu lalu.

"Mobilio bukan disetop produksinya, itu karena ada parts yang dilimitasi sehingga kita konsentrasi ke permintaan yang lebih banyak (Brio). Maka, mohon maaf Mobilio harus menunggu," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy, Rabu (16/3/2022).

"Namun bulan ini kita ada rencana produksi Mobilio lagi," lanjut dia.

Baca juga: Ketahui Perbedaan All New Honda BR-V 2022 dan BR-V Generasi Pertama

Honda Mobilio di booth Honda pada GIIAS 2021.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Honda Mobilio di booth Honda pada GIIAS 2021.

Adapun permintaan Mobilio kini, Yusak menyatakan masih cukup baik tapi memang mayoritas dari konsumen fleet atau borongan. Sehingga ketika masuk jalur produksi pabrik akan memenuhi segmen itu dahulu.

Padahal, mobil keluarga andalan Honda Indonesia itu menjadi salah satu produk yang mendapatkan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk periode 2022.

"Permintaannya banyak dari fleet yaitu untuk transmisi manual. Nanti saat sudah diproduksi kita akan beri tahu penyesuaian harga terbarunya," ujar dia.

Sebelumnya, Yusak mengatakan bahwa krisis cip semikonduktor di pasar otomotif global tengah berdampak pada aktivitas produksi pabrikan mulai akhir tahun lalu.

Baca juga: Honda Memberikan Sinyal Kuat Kehadiran HR-V Terbaru Sebentar Lagi

Honda Brio Satya CVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Brio Satya CVT

Sehingga beberapa model mengalami penyesuaian strategi, tak terkecuali Mobilio. Mengingat, beberapa komponen di dalamnya serupa dengan milik Brio.

"Oleh karena itu, kami sementara mengutamakan produksi Brio karena memang permintaannya lebih tinggi. Back order-nya saja dua sampai tiga bulan sekarang," jelas dia.

Dalam masa sulit ini, bagi konsumen yang menginginkan mobil dengan kapasitas 7-penumpang dialihkan ke Low Sport Utility Vehicle (LSUV) terbaru yaitu All New Honda BR-V.

"Jadi kalau 7 penumpang, kami fokus ke LSUV, yaitu All New Honda BR-V. Tapi Mobilio masih kita jual," kata Yusak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com