Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PR Sukun, Pakai Tampilan Klasik

Kompas.com - 17/03/2022, 14:23 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro sebentar lagi akan merilis bus baru untuk Pabrik Rokok (PR) Sukun. Bus tersebut digunakan sebagai angkutan karyawan PR Sukun di Kudus, Jawa Tengah.

Jika dilihat tampilan busnya, PR Sukun memilih bodi Jetbus 3+ MHD yang dipasang ke sasis Mercedes Benz OH 1626. Uniknya, bus ini menggunakan single glass dan tidak memakai selendang di bagian samping.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, bus dengan single glass ini memang permintaan dari PR Sukun yang ingin tampilannya klasik.

Baca juga: 2 Bus Baru PO Safana Holidays, Lebih Ganteng Single atau Double Glass?

Bus karyawan PR Sukun buatan AdiputroDOK. ADIPUTRO Bus karyawan PR Sukun buatan Adiputro

"Permintaan customernya, enggak mau pakai selendang. Jadi ingin kelihatan classic busnya, beda sama yang lain," ucap Yohan kepada Kompas.com, Kamis (17/3/2022).

Memang, bodi bus hanya terdiri dari dua warna yang dipisahkan dengan garis berwarna emas. Bagian bodi dilabur dengan warna biru muda dan biru tua, kemudian ada garis emas memanjang dari depan sampai belakang.

Jika dilihat secara utuh dari samping, bus sangat terlihat klasik tanpa adanya ornamen seperti selendang. Untuk bagian pelek pun diganti dengan model aluminium yang mengilat.

Baca juga: Jokowi Resmikan Peluncuran Hyundai Ioniq 5

Kabin Bus karyawan PR Sukun buatan AdiputroDOK. ADIPUTRO Kabin Bus karyawan PR Sukun buatan Adiputro

Untuk bagian kabin, fitur yang disediakan cukup standar. Misalnya seperti bangku yang disusun 2-2 dan tanpa toilet.

Sebelumnya, PR Sukun mengambil bus karyawan di Karoseri Laksana. Bodi yang digunakan ada dua macam, yakni Nucleus medium bus dan Legacy SR2 Double Decker.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com