Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Ban Radial Terbaru untuk Truk Ringan

Kompas.com - 17/03/2022, 13:53 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Goodyear Indonesia Tbk baru saja merilis ban radial terbaru buat kendaraan niaga , yang diberi nama Goodyear S501. Ban terbaru ini cocok untuk beragam jenis beban truk, seperti angkutan air bersih, pakan ternak, kargo umum, batu pasir dan sebagainya.

Goodyear juga mengungkapkan, bahwa peluncurkan ini dilakukan untuk mendukung tantangan percepatan industrialisasi Nasional dengan menjawab kebutuhan mobilitas perusahaan, UMKM dan pemilik serta pengelola armada truk.

Untuk diketahui, ban Goodyear S501 yang menyasar segmen truk 3/4, merupakan ban berjenis LTR (light truck radial).

Baca juga: Dijamu di Istana, Begini Kesan Para Pebalap MotoGP Bertemu Jokowi

Truk ringan terlaris di Indonesia masih dipeggang Mitsubishi Colt Diesel.Yogi Truk ringan terlaris di Indonesia masih dipeggang Mitsubishi Colt Diesel.

Ban ini diklaim memiliki ketahanan tinggi serta masa pakai yang lama, serta cocok untuk segala medan di Indonesia.

“Pembangunan jalan tol yang ekstensif oleh pemerintah yang direncanakan mencapai 4.817 km pada 2024 akan semakin memperluas jaringan transportasi tanah air,” ujar Iman Santoso Direktur Komersial PT Goodyear Indonesia, dalam keterangan tertulis (17/3/2022).

“Tantangan besar pada produsen ban tidak hanya menciptakan produk yang mampu memberikan milleage tinggi namun juga memiliki masa pakai yang lama. Goodyear S501 menjadi jawaban kami untuk menjawab kebutuhan perusahaan, UMKM dan pemilik truk di Indonesia,” kata dia.

Baca juga: Jokowi Lemas Tak Diperbolehkan Ikut Konvoi bareng Pebalap MotoGP

Ban Radial Goodyear untuk Truk 3/4Goodyear Indonesia Ban Radial Goodyear untuk Truk 3/4

Iman juga menekankan pentingnya percepatan pengaplikasian teknologi baru dalam mobilitas nasional.

“Goodyear Indonesia merespon cepat tantangan radialisasi dalam industri logistik dan transportasi, di mana kami melihat setidaknya dalam lima tahun kedepan ban radial akan menggeser pemakaian ban bias dengan rasio 60:40,” ucap Iman.

“Peluncuran Goodyear S501 merupakan langkah komprehensif kami mengaplikasikan teknologi baru untuk ban truk radial,” tutur dia.

Baca juga: Impresi Chery Tiggo 7 Pro, Kabin Lega dengan Mesin Turbo Responsif

Sejumlah kendaraan melintasi tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) menuju tol Jakarta-Cikampek di Bekasi , Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Menurut data Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya sebanyak 44.550 kendaraan keluar wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi ) melewati gerbang tol Cikampek Utama jelang larangan mudik yang ditetapkan pemerintah pada (24/4/2020).ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Sejumlah kendaraan melintasi tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) menuju tol Jakarta-Cikampek di Bekasi , Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Menurut data Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya sebanyak 44.550 kendaraan keluar wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi ) melewati gerbang tol Cikampek Utama jelang larangan mudik yang ditetapkan pemerintah pada (24/4/2020).

Dirancang dengan teknologi mutakhir Goodyear, yakni desain pola telapak 4-rusuk dan ketebalan telapak yang dalam, serta berperan penting menghasilkan jarak tempuh yang optimal.

Teknologi ini membuat Goodyear S501 sangat cocok untuk pemakaian dengan beban muat yang sebanding dengan jarak tempuh yang lebih jauh di Indonesia.

“Hasil tes rata-rata tingkat keausan yang kami lakukan sepanjang tahun 2020 hingga 2021 menunjukkan performa Goodyear S501 mengungguli mayoritas kompetitor Goodyear di pasar truk Indonesia,” kata Nova Siregar, Commercial Product Manager PT Goodyear Indonesia, pada kesempatan yang sama.

“Ini merupakan faktor kunci bagi kami merasa yakin bahwa penjualan Goodyear S501 secara eksponensial akan meningkat di tahun 2022,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com