BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan HONDA PROSPECT MOTOR

Ketahui Perbedaan All New Honda BR-V 2022 dan BR-V Generasi Pertama

Kompas.com - 17/03/2022, 10:07 WIB

KOMPAS.com - All New Honda BR-V 2022 merupakan mobil Low Sport Utility Vehicle (LSUV) teranyar dari PT Honda Prospect Motor (HPM). Mobil yang dirilis pada 21 September 2021 ini menawarkan berbagai kelebihan ketimbang seri pendahulunya yang dirilis pada 2015.

BR-V generasi kedua seolah menjawab keinginan pasar terhadap permintaan mobil LSUV terbaru dengan penampilan yang gagah, keandalan mesin, dan kaya fitur. Hal ini sekaligus mempertahankan citra Honda BR-V yang memiliki reputasi bagus di mata konsumen.

Lalu, apa saja perbedaan BR-V generasi kedua dengan generasi pertama? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Dimensi lebih besar

All New Honda BR-V 2022 memiliki tampilan yang berbeda total dengan BR-V generasi pertama, termasuk dari segi dimensi. BR-V model lama memiliki dimensi panjang 4.456 x lebar 1.735 x tinggi 1.666 milimeter (mm) dan jarak sumbu roda depan dan belakang pada kendaraan atau wheelbase 2.662 mm. Sementara, All New Honda BR-V 2022 berdimensi 4.490 x 1.780 x 1.685 mm dan wheelbase lebih panjang.

Dengan demikian, ruang kabin All New Honda BR-V 2022 lebih luas dibandingkan generasi pertama. Secara otomatis, ubahan dimensi ini memberikan ruang lebih lapang bagi pengemudi dan penumpang yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Hal ini membuat All New Honda BR-V 2022 memiliki kabin dan bagasi terluas di kelasnya.

Selain itu, perbedaan juga tampak pada jarak terendah mobil ke tanah atau ground clearance. BR-V model lama memiliki ground clearance 201 mm. Sementara, All New Honda BR-V 2022 lebih tinggi, yakni 220 mm.

Baca juga: Enggak Kalah Tangguh, Ini Persamaan dan Perbedaan All New Honda BR-V 2022 Prestige dan Prestige with Honda Sensing

Ukuran ground clearance yang lebih tinggi memungkinkan All New Honda BR-V 2022 dapat melintasi berbagai medan yang cukup ekstrem, seperti jalur perbukitan atau pegunungan.

Selain itu, ground clearance yang tinggi juga membuat All New Honda BR-V 2022 dapat mengangkut penumpang dan barang dalam jumlah banyak tanpa khawatir terjadi gesekan di bagian bawah mobil dengan permukaan jalan.

2. Desain lebih elegan

Selain dimensi yang lebih besar, All New Honda BR-V 2022 memiliki desain yang terlihat lebih elegan dan mewah ketimbang pendahulunya. Bagian fascia atau wajah Honda BR-V 2022 terlihat lebih gagah dan menampilkan karakter mobil SUV berkat posisi kap mesin yang dibuat lebih tinggi.

Desainnya bagian depan BR-V generasi pertama yang minimalis dan sederhana tetap dipertahankan. Namun, tambahan berupa tarikan garis horizontal di bagian kap mobil membuatnya tampak lebih modern dan dinamis.

Baca juga: Jadi Mobil Teranyar Honda, Ini 6 Keunggulan All New Honda BR-V 2022

Selain itu, All New Honda BR-V 2022 tetap mempertahankan ciri khas desain lamanya, seperti penggunaan roof rail, underguard, serta over fender hitam.

Lampu depan mobil LSUV teranyar Honda itu juga memiliki desain LED Headlight terbaru. Lampu bagian depannya juga dilengkapi LED Daytime Running Light (DRL) yang menyatu dengan grill depan sekaligus menggantikan lampu halogen proyektor pada model lama.

Sementara, lampu belakangnya sudah dilengkapi rear combi lamp model baru yang dilengkapi dengan LED Light Bar.

3. Interior lebih mewah dan lengkap

Tak hanya mengusung perubahan desain, All New Honda BR-V 2022 juga hadir dengan interior mobil yang lebih mewah dan aura elegan. Mobil LSUV teranyar Honda ini mampu menampung hingga tujuh penumpang.

Kesan elegan tampak berkat bahan kulit yang ditambahkan pada kabin hingga sisi pintu dan panel dashboard.

Pada dashboard, terdapat multi-information display TFT 4,2 inci yang menunjang kenyamanan pengemudi saat berkendara. Display ini berisi berbagai informasi penting selama berkendara, seperti jarak tempuh perjalanan serta konsumsi dan sisa bahan bakar.

TFT Meter Display berukuran 4,2 inci yang modern untuk kejelasan tampilan data. DOK. HPM. TFT Meter Display berukuran 4,2 inci yang modern untuk kejelasan tampilan data.

Selain itu, terdapat pula head unit layar sentuh berukuran tujuh inci yang sudah dilengkapi dengan smartphone connection dan handsfree telephone.

All New Honda BR-V 2022 memiliki sandaran tangan di baris pertama dan kedua untuk menunjang kenyamanan penumpang. Terdapat juga banyak ruang kompartemen untuk berbagai penyimpanan di dalam kabin, mulai dari kantong hingga tempat botol air.

Untuk perjalanan jauh, Honda BR-V 2022 Prestige CVT menyediakan power outlet yang tersedia di area konsol depan, baris kedua, dan baris ketiga. Power outlet ini memiliki kemampuan pengisian daya hingga 12 Volt (V).

4. Kekedapan kabin ditingkatkan

All New Honda BR-V 2022 memiliki peningkatan kualitas noise, vibration, and harshness (NVH) dibandingkan generasi sebelumnya.

Pasalnya, mobil LSUV teranyar Honda tersebut ditunjang oleh pengaplikasian semprotan busa dan struktur panel tertutup di sekitar area panel bodi untuk mengurangi kebisingan. Hal ini juga mampu mencegah debu dan bau tidak sedap masuk dari luar kabin mobil.

Baca juga: All New Honda BR-V Buatan Indonesia Mulai Diekspor ke 30 Negara

Selain itu, HPM juga mengoptimalkan peredam di beberapa area All New Honda BR-V 2022, seperti spakbor bagian dalam belakang, sistem insulasi suara, penutup bawah, serta kap mesin.

HPM mengklaim bahwa All New Honda BR-V mengalami peningkatan kekedapan kabin lebih dari 60 persen dibandingkan model sebelumnya.

5. Peningkatan performa mesin

All New Honda BR-V 2022 mengusung mesin 1.5L Double Overhead Camshaft (DOHC) i-VTEC berkode L15ZF yang mampu menghasilkan 121 tenaga kuda atau power horse (PS) dan torsi 145 Newton meters (Nm). Sistem transmisinya masih menggunakan sistem transmisi CVT guna mengejar standar emisi EURO 4. Hal ini membuat mesin ini mampu menghasilkan tenaga terbesar di kelasnya.

Sementara, dapur pacu BR-V generasi sebelumnya berkode L15 dan menggunakan transmisi Earth Dreams Technology. Mesinnya masih menggunakan sistem penggerak Single Overhead Camshaft (SOHC).

Perbedaan tersebut membuat mesin All New Honda BR-V 2022 lebih unggul 1 PS dibandingkan mesin sebelumnya yang memiliki tenaga maksimal 120 PS.

Baca juga: Rata-rata Konsumsi BBM All New Honda BR-V Selama Digunakan Harian

Walau kedua mesin sama-sama memiliki torsi puncak 145 Nm, All New Honda BR-V 2022 mampu mencapainya pada putaran mesin yang lebih rendah, yakni 4.300 revolutions per minute (rpm). Sementara, BR-V model lama harus mencapai putaran mesin di 6.600 rpm untuk mendapatkan torsi puncak.

HPM mengklaim bahwa mesin All New Honda BR-V 2022 memiliki peningkatan torsi sebanyak 5 persen sejak rpm bawah. Dengan demikian, mobil menjadi lebih bertenaga saat berakselerasi. Meski demikian, konsumsi bahan bakarnya lebih irit 3 persen dari mesin model sebelumnya. Selain itu, efisiensi transmisi meningkat 4 persen sehingga menghasilkan perpindahan gigi yang lebih halus.

6. Fitur lebih lengkap dan mumpuni

Sebagai mobil LSUV teranyar, HPM membekali All New Honda BR-V 2022 dengan berbagai fitur canggih. Sebut saja, Remote Engine Start, Walk Away Auto Lock, Honda LaneWatch, dan Smart Entry System.

Remote Engine Start merupakan fitur yang membuat pengguna bisa menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis sebelum masuk mobil.

Baca juga: Hitung Biaya Perawatan All New Honda BR-V Tipe Tertinggi 5 Tahun

Lalu, Walk-Away Auto Lock dapat mengunci pintu secara otomatis saat pengemudi telah berjalan minimal 2 meter atau lebih dari mobil.

Sementara, Smart Entry System dapat mempermudah pengguna masuk ke dalam kendaraan tanpa menggunakan kunci. Terakhir, Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal yang membuat spion dapat menutup otomatis ketika mobil terkunci.

All New Honda BR-V 2022 memiliki peningkatan kekedapan kabin hingga 60 persen. DOK. HPM. All New Honda BR-V 2022 memiliki peningkatan kekedapan kabin hingga 60 persen.

Selain fitur-fitur tersebut, varian tertinggi All New Honda BR-V 2022, yakni Honda BR-V 2022 Prestige CVT with Honda Sensing, dibekali fitur keamanan bernama Honda Sensing. Fitur tersebut hanya tersedia secara eksklusif pada varian ini.

Tak ketinggalan, Honda BR-V 2022 Prestige CVT with Honda Sensing juga memiliki fitur Honda LaneWatch. Fitur ini memberikan pengemudi visibilitas yang lebih luas dari area blind spot.

Beberapa fitur yang terdapat pada BV-V generasi pertama pun turut disertakan pada All New Honda BR-V 2022. Sebut saja, G-CON + ACETM with Side Impact Beam, Dual Front SRS Airbags, Driver Seat Belt Reminder, ABS + EBD, ISOFIX + Tether, Keyless Entry, Power Retractable Mirror, ECO Indicator, Digital A/C, Immobilizer, Alarm System, serta Pretensioner with Load Limiter Seat Belt.

Itulah perbedaan All New Honda BR-V 2022 dengan BR-V generasi pertama. Mobil LSUV teranyar Honda ini tetap mempertahankan keunggulan BR-V lama sekaligus menyempurnakannya dengan berbagai fitur dan keandalan performa.

Baca juga: Ini Negara yang Disasar All New Honda BR-V Buatan Indonesia

Sebagai informasi, All New Honda BR-V 2022 memiliki rentang harga bervariasi, yakni Rp 278.900.000 untuk All New Honda BR-V tipe S, Rp 292.900.000 untuk All New Honda BR-V tipe E M/T, dan Rp 302.900.000 untuk All New Honda BR-V tipe E CVT.

Sementara itu, All New Honda BR-V Prestige dihargai sejumlah Rp 324.900.000 serta All New Honda BR-V Prestige with Honda Sensing Rp 324.900.000.

Bila mencari mobil keluarga yang andal dan harga bersaing di kelasnya, Anda bisa mempertimbangkan All New Honda BR-V tipe S, All New Honda BR-V tipe E, serta All New Honda BR-V Prestige.

Ketiga mobil itu menawarkan value for money dan harga yang lebih murah dibandingkan varian tertinggi, yakni All New Honda BR-V Prestige CVT with Honda Sensing.

Selisih harga antara All New Honda BR-V Prestige CVT with Honda Sensing dan All New Honda BR-V Prestige pun mencapai Rp 18 juta.

Namun, jika Anda mencari All New Honda BR-V 2022 dengan fitur keamanan yang canggih, All New Honda BR-V Prestige CVT with Honda Sensing layak dijadikan pilihan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai All New Honda BR-V 2022, Anda bisa klik tautan ini.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.