Kompas.com - 17/03/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara umum, ada dua tipe model wiper yang digunakan pada bagian kaca depan mobil, yaitu frame atau blade, dan frameless atau tanpa frame.

Ada beberapa perbedaan cara kerja di antara kedua wiper ini. Pemilik kendaraan bisa memilih sesuai dengan selera dan kebutuhannya, namun juga perlu tahu beda keduanya sebelum mengganti wiper.

Baca juga: Masih Perlu Angkat Wiper Saat Parkir Mobil?

Dealer Technical Support Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, model yang paling umum digunakan adalah wiper yang menggunakan frame.

"Frame ini untuk menopang dan menekan karet wiper saat dioperasikan," jelas Didi.

Sementara untuk wiper frameless, Didi menjelaskan tidak ada frame karena wiper memiliki blade yang didesain melengkung dan mengikuti kontur kaca.

Wiper pisang memiliki penyangga di bagian tengah dan terbuat dari bahan karetKOMPAS.com/FDS Wiper pisang memiliki penyangga di bagian tengah dan terbuat dari bahan karet

Baca juga: Bukan Motor Balap untuk MotoGP, Ini Daftar Motor yang Digunakan Parade

Kelebihan wiper yang memiliki frame adalah karetnya yang kokoh atau tidak mudah berpindah posisi, karena ditopang oleh blade.

"Kalau kelemahannya jika karetnya sudah rusak bisa saja frame atau blade mengenai kaca dan bisa membuat baret pada kaca," kata dia.

Sedangkan untuk wiper yang frameless, operasionalnya lebih simpel dan juga optimal, karena karet wiper otomatis mengikuti bentuk kaca mobil. Kelemahannya, wiper mudah bergetar karena pegangannya hanya ada di tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.