Kompas.com - 17/03/2022, 12:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban dan temperatur aspal merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap performa motor. Untuk itu, Michelin menyiapkan ban dengan konstruksi khusus.

Michelin secara resmi sudah mengonfirmasi bahwa pihaknya akan mengubah alokasi ban, khusus untuk Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Baca juga: Marshal Sirkuit Mandalika Latihan Simulasi Pemadaman Api

Ban yang akan dibawa juga berbeda dengan yang digunakan saat sesi tes pramusim beberapa waktu lalu. Sayangnya, pada sesi tes juga tidak bisa dimaksimalkan karena kondisi sirkuit yang kotor.

Marc Marquez saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, LombokDok. @marcmarquez93 Marc Marquez saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok

Menurut Francesco Bagnaia, pilihan ban yang paling buruk adalah medium. Hanya satu ban yang akan dibawa untuk balapan.

Michelin Two Wheels Motorsport Manager Piero Taramasso, mengatakan, untuk kompon ban yang digunakan tetap sama, tapi menggunakan casing khusus.

Baca juga: Pertamina Mandalika SAG Team Siapkan Livery Spesial

"Pengetesan di sini sangat positif dari perspektif ban, tapi kami dengan cepat menyadari bahwa karena kombinasi dari permukaan trek yang baru, layout yang kencang, dan tingginya temperatur, ban menjadi cepat stress dan overheat," ujar Taramasso, dikutip dari Crash.net, Kamis (17/3/2022).

Maverick Vinales saat sesi tes pramusim di Sirkuit Mandalika, LombokDok. @maverick12official Maverick Vinales saat sesi tes pramusim di Sirkuit Mandalika, Lombok

Taramasso menambahkan, pihaknya telah mengubah alokasi ban untuk akhir pekan ini. Kompon yang digunakan tetap sama, karena terbukti memberikan cengkraman yang sangat bagus dan konsisten. Sementara casing khusus yang digunakan, berguna untuk mengendalikan temperatur lebih efektif.

"Dengan solusi ini, saya merasa lebih percaya diri untuk balapan, dan dengan sirkuit yang sudah diaspal ulang, seharusnya itu juga membantu," kata Taramasso.

Pembalap Team Suzuki Ecstar Alex Rins memacu kecepatan sepeda motornya pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pembalap Team Suzuki Ecstar Alex Rins memacu kecepatan sepeda motornya pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

Dengan casing yang berubah, sebagian permukaan trek yang sudah diaspal ulang, kemungkinan besar pebalap harus mencari ulang setelan terbaik untuk motornya. Sebab, kondisinya bisa sangat berbeda dibandingkan hasil sesi tes pramusim.

Selain itu, jika melihat ramalan cuaca, ada juga kemungkinan terjadinya hujan. Michelin juga menyediakan ban basah dengan kompon soft dan medium.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.