Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Mudik Diprediksi Ramai, Polisi Pelajari Rekayasa Lalu Lintas

Kompas.com - 15/03/2022, 19:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Walaupun perjalanan mudik pada tahun ini masih belum bisa dipastikan, namun kepolisian memprediksi arus lalu lintas bakal lebih padat dibandingkan tahun lalu.

Korlantas Polri pun telah mempersiapkan berbagai strategi dalam menghadapi lonjakan arus mudik pada lebaran Idul Fitri 2022.

“Kebijakan umum pasti nanti akan disampaikan oleh pemerintah untuk mudik 2022,” ucap Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi, disitat dari NTMC Polri (15/3/2022).

Baca juga: Masuk ke Race Control Sirkuit Mandalika, Pusat Kendali Balapan

Polisi memgecek dokumen pendukung Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) kendaraan yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada periode larangan mudik 6-17 Mei 2021Dok. PT Jasamarga Polisi memgecek dokumen pendukung Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) kendaraan yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada periode larangan mudik 6-17 Mei 2021

Menurut Firman, lonjakan pemudik pada tahun ini sangat dimungkinkan, mengingat pada musim mudik Lebaran sebelumnya, banyak masyarakat yang tidak bisa bepergian akibat pandemi COVID-19 dan adanya larangan mudik.

Karena itu, berbagai skema rekayasa lalu lintas pun terus dipelajari dan dipersiapkan Korlantas Polri guna mengantisipasi lonjakan arus mudik.

“Tentu saja one way, contra flow, dan sebagainya akan jadi opsi saatnya nanti,” ucap Firman.

Baca juga: Siap-siap, April 2022 Tilang Elektronik Berlaku di Jalan Tol

Ilustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021JASA MARGA Ilustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021

Ia juga mengatakan, seluruh skema rekayasa lalu lintas itu, akan diberlakukan secara situasional, bergantung pada situasi dan kondisi saat arus mudik nanti.

Firman mengimbau agar para calon pemudik mempersiapkan kondisi kendaraannya serta kondisi fisik sebelum melakukan perjalanan mudik. Ini penting guna menciptakan suasana mudik yang tertib, aman, dan lancar.

“Oleh karena itu sangat diharapkan kerja sama semua pihak termasuk masyarakat yang akan mudik, dalam menciptakan suasana mudik yang tertib, aman, dan lancar,” kata Firman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com