Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Mulai Persiapan Antisipasi Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 11/03/2022, 06:32 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS..com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mulai melakukan persiapan jalur mudik di Tol Trans Jawa dalam Operasi Ketupat 2022 yang berlangsung selama Mei 2022 mendatang.

Persiapan tersebut dilakukan oleh Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi yang berkendara dari Gedung Korlantas Polri lalu menyusuri ruas Tol Jakarta menuju Tol Cikopo, Jawa Barat hingga Surabaya, Jawa Timur.

“Survei ini merupakan kegiatan pendahuluan sebelum nanti dilaksanakan oleh masyarakat. Saya pribadi ingin memastikan bagaimana kondisi jalan yang dilalui,” kata Firman dalam keterangannya, Kamis (10/3/2022).

Baca juga: KIA Carens Generasi Terbaru Meluncur Pekan Ini

PT Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division akan memberlakukan skema buka tutup lajur di area pekerjaan perbaikan jembatan KM 41 lajur 2 Sarah Cikampek di Tol Jakarta-Cikampek, mulai Selasa (13/10/2020) hing Kamis (15/10/2020).Jasa Marga PT Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division akan memberlakukan skema buka tutup lajur di area pekerjaan perbaikan jembatan KM 41 lajur 2 Sarah Cikampek di Tol Jakarta-Cikampek, mulai Selasa (13/10/2020) hing Kamis (15/10/2020).

Ia menjelaskan, dari hasil peninjauan itu infrastruktur yang ada di ruas Tol Trans Jawa sudah cukup baik. Namun, tidak ditampik ada beberapa titik yang bisa memicu kecelakaan lalu lintas.

Misalnya, kontur tanah yang tidak rata sehingga menyebabkan jalan di sekitar bergelombang dan lainnya.

“Jadi, saya harap masyarakat bisa mematuhi rambu-rambu yang ada agar kendaraan tetap stabil,” ujar dia.

Baca juga: SIM dan STNK Hilang, Pakai Surat Laporan Kehilangan Bisa Hindari Tilang?

Kendaraan melaju di jalan tol Trans Jawa ruas Ngawi-Kertosono kilometer 603-604 di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu (9/5/2021).ANTARA FOTO/SISWOWIDODO Kendaraan melaju di jalan tol Trans Jawa ruas Ngawi-Kertosono kilometer 603-604 di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu (9/5/2021).

Lebih lanjut, terkait apakah dalam libur Idul Fitri tahun ini masyarakat sudah diperbolehkan mudik, Firman belum bisa memberikan kepastian.

Hanya saja, ia mengatakan Korlantas sudah mulai menyiapkan skenario jika mudik diperbolehkan. Termasuk menyusun titik pos pemantauan.

“Nanti akan ada beberapa pos yang kita sediakan dan skenariokan seperti tahun sebelumnya. Seperti pos pelayanan, pos kesehatan, dan lainnya,” kata Firman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com