Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Trans Semanggi Surabaya Rakitan Karoseri Tentrem Mulai Beroperasi

Kompas.com - 02/02/2022, 10:02 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Bus koridor area perkotaan Trans Semanggi Surabaya akhirnya mulai beroperasi melayani masyarakat per 1 Februari 2022.

Namun untuk tahap awal, Trans Semanggi Surabaya baru beroperasi di satu koridor saja, dengan rute Lidah Wetan - Karang Menjangan - ITS. Sudah disiapkan total bus sebanyak 17 unit untuk melayani rute ini dengan interval keberangkatan tiap 12 menit.

Saat ini layanan Trans Semanggi Surabaya masih gratis. Namun, bagi masyarakat yang hendak menggunakan bus ini tetap harus melakukan tap kartu uang elektronik yang dikeluarkan oleh sejumlah bank.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Fungsi Marka Chevron di Jalan Tol

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Trans Semanggi Suroboyo (@transsemanggisbs.official)

Trans Semanggi Surabaya termasuk dalam program Teman Bus dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan model operasional Buy The Service (BTS).

Untuk Trans Semanggi Surabaya, bus yang digunakan merupakan unit rakitan Karoseri Tentrem dengan bodi Velocity W5. Sementara sasisnya menggunakan Mercedes-Benz 0500U 1726.

“Bodinya pakai Velocity W5 dengan sasis Mercy O500U 1726. Panel samping bodi pakai aluminium. Di kabinnya ada 26 kursi dengan ramp untuk pengguna kursi roda,” kata Sales Staff Karoseri Tentrem Dimas Raditya kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Air Aki Botol Tutup Biru dan Tutup Merah

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rully Novianto (@rullynovian)

Di atas kertas, sasis tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 260 tk di putaran 2.200 rpm dan torsi puncak 950 Nm di 1.200-1.600 rpm. Tenaga tersebut lantas dialirkan ke roda belakang dengan transmisi otomatis dari ZF Ecolife.

Karoseri Tentrem menggunakan panel aluminium untuk merakit bodi bus ini. Hal ini dilakukan demi efisiensi bobot total kendaraan sehingga lebih hemat bahan bakar serta penggunaan ban.

Pada bus Trans Semanggi Surabaya, digunakan perpaduan warna merah dan hitam sebagai ciri khasnya. Dipasang pula rak sepeda pada bagian depan bus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com