Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aki Mobil Soak Saat Berlibur, Begini Langkah Aman Lakukan Jumper

Kompas.com - 01/01/2022, 12:05 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum pergi berlibur, disarankan untuk memeriksa kondisi mobil terlebih dahulu. Termasuk komponen kelistrikan, seperti aki.

Aki merupakan komponen vital dalam menunjang kinerja berbagai perangkat kelistrikan pada mobil. Jika kondisinya menurun, menghidupkan mobil juga jadi sulit.

Jika itu sampai terjadi saat pergi berlibur, tentu akan sangat merepotkan. Dalam kondisi darurat, ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat aki mobil mendapatkan daya agar bisa dikendarai menuju bengkel terdekat.

Baca juga: Aki Mobil Model Basah atau MF, Mana yang Lebih Awet?

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, langkah pertama adalah menyiapkan kabel jumper yang bagus, begitu juga klemnya. Selanjutnya, siapkan aki donor utk men-jumper.

Melakukan teknik jump starter menggunakan kabel jumper. Ikuti caranya karena cukup berbahaya.Donny Apriliananda Melakukan teknik jump starter menggunakan kabel jumper. Ikuti caranya karena cukup berbahaya.

"Pastikan aki donor dalam keadaan bagus, kapasitas dan nilai ampere-nya minimal sama atau lebih besar dari aki yang akan di-jumper," kata Didi, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Didi menambahkan, kabel yang digunakan haruslah kabel khusus untuk jumper. Sebab, arus listrik yang akan mengalir memiliki daya yang tinggi. Penggunaan kabel khusus bertujuan demi keamanan untuk menghindari potensi korsleting.

Baca juga: Alasan Kenapa Aki Mobil Mesin Diesel dan Bensin Berbeda

"Lalu kondisi kelistrikan mobil harus dimatikan terlebih dahulu. Pasang klem positif (+) yang berkabel merah pada kedua aki, lalu baru pasang yang negatif (-) warna hitam. Pastikan pemasangan klem sudah kencang untuk menghindari timbulnya percikan api," ujar Didi.

Tutorial jumper aki mobilMMKSI Tutorial jumper aki mobil

Didi mengatakan, setelah klem terpasang dengan kencang, mulailah mencoba menyalakan mesin mobil yang akinya soak. Setelah menyala, tunggu beberapa menit untuk mengisi daya pada aki yang soak.

Perlu diperhatikan, untuk melepas klem dan kabel jumper tidak bisa sembarangan. Lepas klem negatif (-) pada aki mobil yang bermasalah dulu, baru setelah itu pada aki yang normal. Lakukan dengan urutan yang sama untuk klem positif (+).

Ilustrasi mobil mogokSHUTTERSTOCK Ilustrasi mobil mogok

Pastikan juga saat proses melepas klem tidak menyenggol bagian mobil lainnya, khususnya yang berbahan logam. Perlu diingat juga, jumper aki hanya dilakukan dalam keadaan darurat.

Jika jumper aki masih tidak berhasil, sebaiknya bawa mobil ke bengkel terdekat untuk diperiksa oleh mekanik yang berpengalaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com