Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit Mandalika Akan Jadi Tuan Rumah GT World Challenge Asia 2022

Kompas.com - 22/12/2021, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai musim depan, Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, akan menjadi tuan rumah dari banyak kejuaraan balap bertaraf internasional.

Selain World Superbike (WorldSBK) dan MotoGP, Sirkuit Mandalika belum lama ini dikabarkan masuk kalender GT World Challenge Asia 2022.

Mandalika menjadi salah satu dari tiga sirkuit baru yang akan menjadi tuan rumah ajang balap tersebut. Dua sirkuit lainnya adalah Sugo dan Okayama.

Baca juga: Musim Depan Ada 21 Seri, Pebalap MotoGP Penasaran dengan Mandalika

GT World Challenge Asia 2022 akan dimulai di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 20-22 Mei. Setelah itu, dilanjutkan dengan Sirkuit Suzuka, Jepang, pada 15-17 Juli.

GT World Challenge AsiaDok. SRO GT World Challenge Asia

Kemudian, beralih ke Fuji International Speedway pada 22-24 Juli. Berikutnya, masih di Jepang, tepatnya di Sportsland Sugo pada19-21 Agustus. Lalu, beranjak ke Sirkuit Okayama pada 23-25 September.

Setelah Jepang, Sirkuit Mandalika akan mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah putaran final GT World Challenge Asia Powered.

Baca juga: Saingi Mandalika, Sirkuit Sentul Direnovasi dan Ganti Nama Tahun Depan

Championship Co-Director, Benjamin Franassovici, mengatakan, dirinya sangat gembira dapat merilis kalender musim depan, setelah terakhir kali menggelar kejuaraan di Asia pada 2019.

GT World Challenge AsiaDok. SRO GT World Challenge Asia

“Sudah dua tahun sejak SRO Motorsports Group menggelar balapan atau kejuaraan di Asia, jadi penting untuk kembali dengan ide-ide segar dan kalender yang menarik. Saya pikir Japan Cup, kelas baru dan tiga sirkuit yang membuat debut kejuaraan mencapai hal itu,” ujar Benjamin, dikutip dari Gt-world-challenge-asia.com, Selasa (21/12/2021).

Benjamin menambahkan, sirkuit seperti Sugo dan Okayama juga menambahkan tingkat kegembiraan, prestise, dan misteri ke kalender dengan caranya sendiri, terlepas dari elemen Japan Cup yang diperkenalkan.

GT World Challenge AsiaDok. SRO GT World Challenge Asia

“Mandalika, sementara itu, adalah tempat baru yang luar biasa yang layak mendapat tempat di setiap jadwal kejuaraan Asia,” kata Benjamin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com