Musim Depan Ada 21 Seri, Pebalap MotoGP Penasaran dengan Mandalika

Kompas.com - 15/12/2021, 13:41 WIB
Kalender sementara MotoGP 2022 Dok. MotoGPKalender sementara MotoGP 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalender sementara MotoGP 2022 menyuguhkan balapan sebanyak 21 seri. Jumlah tersebut adalah yang terbanyak selama era MotoGP diselenggarakan.

Selain itu, akan ada dua tuan rumah baru, yakni Indonesia dan Finlandia. Indonesia dengan Sirkuit Mandalika dan Finlandia dengan KymiRing. Kedua sirkuit tersebut sama sekali belum pernah digunakan untuk menyelenggarakan MotoGP.

Baca juga: Bos Yamaha MotoGP Ungkap Insiden di Balik Pemecatan Vinales

Andrea Dovizioso mengatakan, dirinya tidak ingin memikirkan hal tersebut sekarang ini. Menurutnya, 21 seri dalam satu musim adalah jumlah yang cukup banyak.

Foto udara yang diambil pada 23 Februari 2019 memperlihatkan progres pembangunan kawasan Pantai Mandalika yang akan menjadi lokasi Pertamina Mandalika International Street Circuit alias Sirkuit Mandalika. AFP/ARSYAD ALI Foto udara yang diambil pada 23 Februari 2019 memperlihatkan progres pembangunan kawasan Pantai Mandalika yang akan menjadi lokasi Pertamina Mandalika International Street Circuit alias Sirkuit Mandalika.

"Dari sudut pandang pebalap, akan lebih baik jika lebih sedikit tes dan sedikit balapan di awal. Jika saya bisa memutuskan, saya akan melakukan tiga kali tes sebelum musim dimulai," ujar Dovi, dikutip dari Speedweek.com, Rabu (15/12/2021).

Menurutnya, 19 seri seperti musim ini sudah cukup banyak. Ditambah dua seri lagi untuk musim depan, maka sudah sangat banyak.

Baca juga: Bos Ducati Kecewa Pebalapnya Tak Jadi Juara Dunia MotoGP

"Tapi, ada lebih banyak lagi di Formula 1. Kami tidak punya tenaga untuk itu, itu bukan tugas kami. Kami harus mengikuti pedoman," kata Dovi.

suasana penonton tribun sirkuit MotoGPKOMPAS.COM/IDHAM KHALID suasana penonton tribun sirkuit MotoGP

Sementara itu, Maverick Vinales, mengatakan, dirinya sangat senang pergi ke tempat yang baru dan negara yang baru. Khususnya, negara yang memiliki banyak penggemar MotoGP, seperti Indonesia.

"Di Indonesia, contohnya, penggemarnya sangat gila dengan MotoGP dan antusiasmenya luar biasa. Selalu menyenangkan dan baik bagi kami dan juga untuk kejuaraan ini," ujar Vinales.

Vinales menambahkan, semua pihak yang bekerja di paddock harus membuat MotoGP semakin besar. Salah satu caranya adalah menambah jumlah seri dan mengurangi sesi tes.

Foto udara dari Pertamina Mandalika International Street Circuit alias Sirkuit Mandalika. Gambar diambil pada 17 November 2021. Tampak dalam gambar, areal permukiman yang masih ada di tengah sirkuit. AFP/BAY ISMOYO Foto udara dari Pertamina Mandalika International Street Circuit alias Sirkuit Mandalika. Gambar diambil pada 17 November 2021. Tampak dalam gambar, areal permukiman yang masih ada di tengah sirkuit.

"Lokasi yang baru, di mana para penggemarnya sangat antusias, membuat ini jadi lebih baik bagi kami," kata Vinales.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.