Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciptakan Ekosistem Kendaraan Elektrifikasi, Toyota Siapkan SDM Lokal

Kompas.com - 22/12/2021, 08:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyatakan tengah mempersiapkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) Tanah Air dalam menyambut era elektrifikasi kendaraan bermotor.

Upaya tersebut seiring rencana perusahaan untuk melakukan produksi mobil listrik berjenis hibrida atau hybrid electric vehicle (HEV) di dalam negeri mulai tahun depan.

"Toyota Indonesia terus menaruh perhatian pada pengembangan SDM di dalam negeri agar dapat bertransformasi ke era elektrifikasi dengan baik," kata Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono dalam konferensi virtual, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Penjualan Toyota Indonesia Meningkat 84 Persen

Perjalanan test drive jajaran mobil hybrid dan PHEV Toyota, dari Banyuwangi-Bali, 9-11 Oktober 2019.CUTENK Perjalanan test drive jajaran mobil hybrid dan PHEV Toyota, dari Banyuwangi-Bali, 9-11 Oktober 2019.

Beberapa langkahnya, lanjut Warih, dengan melakukan pendalaman atas transfer teknologi melalui pengembangan kurikulum, bagan, dan training bagi pengajar pada teknologi elektrifikasi.

Sehingga, SDM Indonesia benar-benar mampu menjadi tulang punggung di era elektrifikasi serta menjadi bagian penting dari proses alih teknologi terkait.

"Iya, ini untuk memastikan bahwa SDM Tanah Air benar-benar bisa menjadi tulang punggung di era baru otomotif," kata Warih.

Selain itu, Toyota Indonesia juga mengakui sudah berkerja sama dengan tujuh universitas untuk melakukan riset dan evaluasi terhadap kendaraan listrik.

Namun, belum dirinci perguruan tinggi mana saja yang sedang digandeng oleh perusahaan dan fokusannya masing-masing.

"Harapannya, SDM kami bisa lebih siap dalam menyambut era elektrifikasi kendaraan listrik dan teknologi terkait lainnya," kata Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT TMMIN Bob Azam.

Baca juga: Motor Listrik Ducati Untuk MotoE Mulai Dites di Sirkuit Misano

Mobil listrik Lexus UX 300e saat melakukan pengisian daya di SPKLU.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Mobil listrik Lexus UX 300e saat melakukan pengisian daya di SPKLU.

Dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, Bob mengatakan Toyota akan memanfaatkan energi-energi yang memang menjadi kekuatan utama di Indonesia, salah satunya adalah Biodiesel.

Selain itu, teknologi-teknologi menyangkut kendaraan listrik ini juga diharapkan semakin banyak untuk ke depannya.

"Segala opsi teknologi, menurut saya harus dibuka dan saya lihat bahwa pemerintah juga sudah mengarah ke sana, Sehingga kita bisa optimalkan teknologi yang ada untuk mengurangi emisi," kata Bob.

"Jadi yang menjadi musuh kita bersama itu emisi, bukan teknologinya," ujar dia.

Tidak sampai di sana, TMMIN juga menyebut bahwa akan juga melakukan pengembangan daya saing Industri Kecil Menengah (IKM) dalam negeri supaya menambah peran dan nilai tambah pada era kendaraan listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com