Isu BBM Premium Dihapus Muncul Lagi, Ini Tanggapan Pertamina

Kompas.com - 22/12/2021, 07:12 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina DOK. PertaminaIlustrasi SPBU Pertamina

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar mengenai penghapusan produk bahan bakar minyak (BBM) Pertamina jenis Premium mencuat lagi ke permukaan. Masyarakat mulai membahas kembali nasib BBM beroktan 88 tersebut.

Hingga saat ini stok Premium masih tersedia di pasaran. Namun jumlahnya terbilang sedikit jika dibandingkan dengan Pertalite yang satu tingkat di atasnya.

Tentuny ini bukan kali pertama kabar penghapusan produk BBM tersebut dibahas. Oktober lalu, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM Soerjaningsih mengatakan, pihaknya berencana menghapus BBM jenis Premium untuk memperbaiki kualitas lingkungan di Indonesia.

Baca juga: Diskon MPV Murah di Akhir Tahun Tembus Puluhan Juta Rupiah

Selain untuk konservasi lingkungan, wacana tersebut juga berkaca dari turunnya jumlah konsumen Premium. Terutama ketika sebagian masyarakat sudah beralih menggunakan Pertalite.

Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

Ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (21/12/2021), Corporate Secretary Subholding Commercial & Trading Pertamina Irto Ginting menjelaskan, kabar pasti penghapusan Premium tetap menunggu kepastian resmi dari pemerintah.

"Ketetapan terkait penghapusan Premium merupakan kewenangan pemerintah. Kami menunggu keputusan resmi dari pemerintah," ujar Irto.

Baca juga: Viral, Video Wanita Bongkar Kecurangan Petugas SPBU di Bintaro

Irto turut mengatakan bahwa masyarakat sudah sadar akan pemilihan produk BBM yang sesuai dengan spesifikasi kendaraannya. Pihaknya bakal terus mengedukasi pentingnya pemilihan jenis BBM yang berkualitas.

"Kami sebagai pelaksana yang diberikan penugasan. Tentunya untuk suplai maupun jalur pendistribusian BBM berkualitas akan kami siapkan untuk kebutuhan masyarakat," kata ia menambahkan.

Ia menegaskan, mengesampingkan isu yang bergulir di masyarakat, Pertamina tetap melaksanakan tugasnya termasuk dalam suplai dan pendistribusian BBM sesuai kebutuhan masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.