Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Pandangan Mata, Ini Bahayanya Pemotor Meleng di Jalan

Kompas.com - 17/12/2021, 17:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai sepeda motor merupakan aktivitas yang menuntut konsentrasi tinggi. Bahkan pandangan mata sangat memengaruhi gerak motor.

Salah satu contohnya ialah video yang diunggah aun Instagram, Dashcam Owners Indonesia, terlihat ada pengendara berboncengan yang jatuh setelah menyenggol motor di depannya.

Baca juga: Hitung Tingkat Emisi Gas Buang Toyota Fortuner Diesel

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Melihat video tersebut terlihat, karena kurang fokus pengendara telat mengerem sehingga "menyundul" motor di depannya dan kehilangan keseimbangan sehingga membuatnya terjatuh.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, ada tujuh postur penting yang mesti diperhatikan dalam berkendara, salah satunya pandangan mata.

"Karena dengan kita melihat jauh ke depan maka kita akan dapat mengantisipasi setiap potensi bahaya yang ada di depan kita sehingga reaksi kita dalam mengambil keputusan dapat lebih cepat dan aman," kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (17/12/2021).

Baca juga: Alasan Honda Pede Luncurkan CR-V Black Edition

Darius Sinathrya dan Donna Agnesia Naik Motor di Indiaistimewa Darius Sinathrya dan Donna Agnesia Naik Motor di India

Seringkali saat berkendara pemotor kurang konsentrasi sehingga membuat pandangan mata jadi tidak fokus. Hal tersebut berbahaya karena jika ada sesuatu reaksi pengendara jadi lambat.

"Ketika kita melihat ke satu titik saat berkendara maka secara otomatis tubuh akan membawa atau menggerakkan kendaraan ke arah yang dituju," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com