Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TVS Motor dan BMW Motorrad Kerja Sama Bikin Motor Listrik

Kompas.com - 17/12/2021, 13:24 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comTVS Motor Company bersama BMW Motorrad berencana untuk memperluas kerja sama jangka panjang dengan mengembangkan sepeda motor listrik.

Berdasarkan keputusan ini, TVS Motor Company nantinya akan menangani desain dan pengembangan produk BMW Motorrad pada masa depan.

Termasuk juga dengan mengatur sistem pasokan komponen pendukung (supply chain management) dan industrinya.

Baca juga: Apa Benar Pakai Bensin Oktan Tinggi Bisa Memperbaiki Emisi Gas Buang?

TVS Motor CompanyFoto: TVS TVS Motor Company

Selain itu, BMW Motorrad dan TVS Motor Company akan mengembangkan platform bersama dengan saling memanfaatkan teknologi yang muncul di dunia kendaraan masa depan.

Sudardhan Venu, Joint Manager Director TVS Motor Company, mengatakan, kemitraan TVS dan BMW Motorrad telah berjalan sembilan tahun. Sepanjang itu pula pihaknya fokus pada kualitas, keterampilan teknik, inovasi, dan kepuasan pelanggan.

“Di era baru, khususnya kendaraan masa depan mencakup beragam solusi yang mengarah pada solusi alternatif, termasuk pada kendaraan listrik,” ujar Venu dalam keterangan resmi yang dilansir Jumat (17/12/2021).

Baca juga: Piaggio Ape Tak Sudi Disebut Motor Roda Tiga

BMW Motorrad Definition CE 04 BMW Motorrad Definition CE 04

“Memperluas kemitraan yang sukses ini ke bidang kendaraan listrik atau EV (electric vehicle) dan platform baru lainnya, tentu akan menciptakan peluang untuk menghadirkan teknologi canggih dan produk aspiratif di pasar global,” kata dia.

Untuk diketahui, TVS Motor Company dan BMW Motorrad menandatangani kemitraan strategis jangka panjang untuk memproduksi sepeda motor di bawah 500 cc sejak April 2013.

Kolaborasi ini telah menghasilkan tiga produk andalan, yakni pada platform 310 cc: BMW G 310 R, BMW 310 GS, dan TVS Apache RR 310.

Baca juga: Sirkuit Sentul Klaim Anggaran Renovasi Bukan dari APBD atau APBN

BMW G 310 GS.Febri Ardani/KompasOtomotif BMW G 310 GS.

Dengan lebih dari 100.000 pelanggan, produk ini telah diterima dengan baik di semua negara terkemuka, seperti Uni Eropa, Amerika Serikat, Jepang, China, dan India.

Sementara itu, Head of BMW Motorrad Markus Schramm mengatakan, ia menyambut baik perjanjian kerja sama dan kemitraan antara kedua pihak.

“Mengingat hubungan kami yang bermanfaat dengan TVS Motor Company, kami senang untuk memperpanjang dan memperluas perjanjian kerja sama kami,” ucap Schramm.

“Dan mengagendakan kemitraan jangka panjang, serta pengembangan bersama platform dan teknologi baru, termasuk kendaraan listrik,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com