Hitung Tingkat Emisi Gas Buang Toyota Fortuner Diesel

Kompas.com - 17/12/2021, 11:02 WIB
Pengujian emisi dan performa Toyota Fortuner 2.4 VRZ Diesel Jakarta-Yogyakarta dalam acara Kompas Otomotif Challenge (KOC) 2021. KOMPAS.com/GilangPengujian emisi dan performa Toyota Fortuner 2.4 VRZ Diesel Jakarta-Yogyakarta dalam acara Kompas Otomotif Challenge (KOC) 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini tingkat emisi gas buang kendaraan bermotor menjadi perhatian penting di Indonesia, dalam upaya menekan polusi udara yang semakin mengkhawatirkan.

Bahkan pada beberapa wilayah tertentu, aturan ambang batas CO2 yang dihasilkan suatu kendaraan tengah diperketat. Apabila tak sesuai dengan batas yang ditetapkan, siap-siap akan dikenakan sanksi hukum.

Dalam cangkupan lebih luas, pemerintah RI pun telah menetapkan bahwa perhitungan tarif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) berdasar pada tingkat efisiensi dan kadar emisi (PP 74/2021).

Baca juga: Jakarta-Yogyakarta, Konsumsi BBM Toyota Fortuner Capai 10,7 Kpl

Ilustrasi gas buang kendaraanwww.autoevolution.com Ilustrasi gas buang kendaraan

Dengan kata lain, kendaraan yang tingkat keluaran emisinya tinggi harga jual ke pasarnya bakal lebih mahal. Sehingga secara perlahan membuat masyarakat bergeser untuk menggunakan mobil yang lebih rendah emisi.

Berfokus pada isu tersebut, tim Redaksi Kompas.com melakukan pengujian teradap beberapa mobil yang mampu menekan polusi udara selain mobil listrik.

Bertajuk Kompas Otomotif Challenge (KOC), salah satu kendaraan yang digunakan ialah Toyota Fortuner 2.4 VRZ Turbo Diesel berpenggerak 4x2.

 

Tingkat emisi gas buang Toyota Fortuner 2.4 Turbo DieselKOMPAS.com/Ruly Tingkat emisi gas buang Toyota Fortuner 2.4 Turbo Diesel

Menempuh perjalanan sejauh 578,7 dengan rute kombinasi (tol dan ruas perkotaan) Jakarta-Yogyakarta selama dua hari, didapatkan rata-rata konsumsi BBM mobil ialah 10,74 kpl.

Hasil tersebut sesuai perhitungan Redaksi menggunakan skema full to full dengan batas bibir tangki mobil. Bahan bakar yang dipilih ialah Pertamina Dex (cetane number 53).

Kemudian, data yang sama dikonversi menjadi konsumsi per 100 kilometer Diesel untuk kemudian dihitung kembali supaya mendapat data besaran tingkat emisi CO2-nya, yaitu 246,45 gram per kilometer CO2.

Baca juga: Sensasi Toyota Fortuner 2.4 VRZ Diesel Melibas Jakarta-Yogyakarta

Pengujian emisi dan performa Toyota Fortuner 2.4 VRZ Diesel Jakarta-Yogyakarta dalam acara Kompas Otomotif Challenge (KOC) 2021.KOMPAS.com/Ruly Pengujian emisi dan performa Toyota Fortuner 2.4 VRZ Diesel Jakarta-Yogyakarta dalam acara Kompas Otomotif Challenge (KOC) 2021.

Angka itu terbilang tinggi, mengingat saat penggunaan mobil pengemudi normal, tanpa gaya berkendara eco driving. Maka, bisa saja datanya berubah karena tiap pengendara punya karakter masing-masing.

Sementara itu, apabila menghitung tingkat emisi menggunakan rata-rata konsumsi BBM yang tertera pada layar MID, yakni 11,1 kpl hasilnya menjadi 219,9 gram per kilometer CO2.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.